Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19
Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)  Kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19 via Zoom yang diikuti pamong Dukuh Sukoponco, serta pemuda karang taruna. Bagi masyarakat yang sudah berusia lanjut dan tidak dapat mengakses Zoom di berikan pamflet mengenai “Pentingnya Vaksinasi Covid-19”.

 

Kelompok 26 KKN PPM UMBY juga membuat media pemahaman berupa banner yang di pasang di titik vital pedukuhan. Juga menyediakan sarana cuci tangan di enam lokasi vital, yakni di depan PAUD, di depan TK, di depan masjid yang terdapat di RT 09 dan RT 12, serta di depan mushola di RT 11 serta RT 08. Hal ini bertujuan agar memudahkan masyarakat mencuci tangan di depan PAUD dan maupun di depan TK.

 

Upaya lanjutan program kerja Kelompok 26 KKN PPM UMBY yang dilakukan adalah dengan mengadakan “Pelatihan dalam Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi Covid-19” pada 5 Agustus 2021 dan dihadiri oleh seluruh ibu-ibu di RT 12 Pedukuhan Sukoponco. Pelatihan ini merupakan upaya tindak lanjut yang sejalan dengan permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat Sukoponco.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 16 Agustus 2021, pelatihan ini bertujuan agar masyarakat yang merasa cemas ketika menghadapi pandemi, cemas ketika hendak mengikuti vaksin maupun kecemasan yang muncul akibat munculnya berita hoax di media sosial dapat mempraktekan dan mengatasi kecemasannya sendiri dengan benar. Juga terlahirlah mental sehat dan kondisi psikis siap menghadapi tantangan.

 

“Aplikasi ini membantu pedagang, serta petani di Dukuh Sukoponco untuk mencari pelanggan, menjual ke pedagang lainnya, serta memasarkan produk mereka hingga ke kota-kota lain di seluruh Indonesia, “ 

 

Kesulitan dalam pemasaran dan penjualan produk hasil pertanian, berupa beras yang dikeluhkan ibu-ibu petani dijembatani melalui aplikasi “Sepasar”. “Aplikasi ini membantu pedagang, serta petani di Dukuh Sukoponco untuk mencari pelanggan, menjual ke pedagang lainnya, serta memasarkan produk mereka hingga ke kota-kota lain di seluruh Indonesia, “ kata founder aplikasi Sepasar Awan Santosa SE MSc.. (*)

 

KKN UMBY 26 Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *