Latihan Pernafasan
Latihan Pernafasan

Siarpedia.com, Gunungkidul –  Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)  Kelompok 15 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Clorot Semanu. Dalam rancangan program kerjanya tersebut, KKN-PPM Kelompok 15 UMBY menyiapkan kurang lebih delapan sub bidang kerja, diantaranya Edukasi Bidang Covid-19, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Lingkungan, Ekonomi, Pangan, dan Psikis.

 

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kelompok 15 UMBY ini berlangsung mulai 23 Juli hingga 27 Agustus 2021. Menyesuaikan pada situasi pandemi saat ini, maka pengadaan kegiatan KKN-PPM Kelompok 15 UMBY ini berlangsung secara offline dan online. Untuk penyelenggaraan offline  dikhususkan pada program kerja yang dilakukan secara langsung dan bersifat tutorial, seperti salah satu yang dirancang Kelompok 15, yaitu kegiatan Latihan Pernafasan.

 

“Tujuan diadakannya kegiatan latihan pernafasan ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai gejala kecemasan serta cara mengenalinya dan dampaknya,

 

Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Anief Fauzan Rozi SKom MEng MCE, Kegiatan KKN-PPM Kelompok 15 UMBY dengan program kerja Latihan Pernafasan tersebut dikoordinatori oleh Mellyn Vistiana, mahasiswi Psikologi Angkatan 2018. “Tujuan diadakannya kegiatan program kerja latihan pernafasan ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai gejala kecemasan, serta cara mengenalinya dan dampaknya, “ kata Mellyn Vistiana.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 16 Agustus 2021, Mellyn Vistiana menyampaikan, pandemi menimbulkan kecemasan dan keresahan akan kepastian roda kehidupan mereka tersebut. Secara spesifik kegiatan program kerja Latihan Pernafasan ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki rasa cemas dan panik berlebih, namun realisasinya diikuti oleh para ibu-ibu di Dusun Clorot, yang mana mereka memiliki peran mengontrol kehidupan keluarga masing-masing.

 

Disampaikan pula, melalui kegiatan program kerja Latihan Pernafasan ini pula diharapkan dapat membuat warga Dusun Clorot menjadi lebih rileks dalam beraktifitas. Kegiatan latihan pernafasan program kerja KKN-PPM Kelompok 15 UMBY ini telah berlangsung sebanyak tiga kali, dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap pengadaannya. Warga Dusun Clorot pun menyambut baik kegiatan edukasi latihan pernafasan tersebut, dimana hal ini terlihat dari antusiasme warga Dusun Clorot yang mengikuti kegiatan tersebut.’. (*)

 

KKN UMBY 15 Edukasi Latihan Pernafasan
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *