layanan pengecekan tekanan darah bagi para pedagang di Pasar Serangan.
layanan pengecekan tekanan darah bagi para pedagang di Pasar Serangan.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dimasa pandemi covid-19 menjadikan pertemuan tatap muka berkurang. Mulai dari bidang pendidikan, perkantoran dan perdagangan, seperti di Pasar Serangan. Kekhawatiran pedagang semakin dirasakan melihat jumlah kasus positif bertambah setiap harinya, kebijakan pemerintah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dimana masyarakat harus mengurangi mobilitas, tak terkecuali jual-beli di Pasar Serangan.

 

Salah satu dampak yang dirasakan pedagang akibat pandemi tersebut adalah cemas, dikarenakan pendapatan menurun, serta memikirkan kesehatannya dan keluarga di rumah. Banyak pedagang di Pasar Serangan mengalami kebingungan dalam memecahkan masalah tersebut, hal ini membuat pedagang menjadi terpuruk karena memikirkan kondisi saat ini. Dengan kondisi pedagang yang down membuat imunitasnya menurun, hal ini memudahkan virus menyerang tubuh.

 

Melihat kondisi tersebut, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN)  101 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memberikan program kerja layanan konseling, serta program kerja layanan pengecekan tekanan darah bagi para pedagang di Pasar Serangan. Dimulai Minggu, 1 Agustus 2021, Isti Muslikhatun, Wakil ketua KKN UMBY kelompok 101 yang mengambil jurusan Psikologi tersebut bersama 2 anggota lainnya berkeliling di Pasar Serangan untuk memberikan layanan konseling tersebut.

 

“Kegiatan program kerja layanan konseling KKN UMBY kelompok 101 tersebut disambut antusias dan diikuti oleh pedagang Pasar Serangan. Layanan konseling KKN UMBY kelompok 101 tersebut dilakukan untuk membantu pedagang Pasar Serangan dalam permasalahan yang sedang mereka hadapi, baik itu keluarga, ekonomi, maupun masalah pribadi,” ucap Isti Muslikhatun, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 16 Agustus 2021.

 

“Selain adanya layanan konseling, kelompok KKN 101 UMBY juga mengadakan pengecekan tekanan darah bagi pedagang dan pengunjung Pasar Serangan, ,” 

 

Isti Muslikhatun menyatakan, melalui program kerja pelayanan tersebut dapat meringankan beban pikiran pedagang dalam menghadapi masalah yang di alami saat ini. Disamping itu, adanya program kerja layanan konseling pedagang mampu mengelola stress yang dialami dan mendapatkan solusi terbaik. “Selain adanya program kerja layanan konseling, kelompok KKN 101 UMBY juga mengadakan program kerja pengecekan tekanan darah bagi pedagang dan pengunjung Pasar Serangan, ,” ucap Isti. (*)

 

Layanan Konseling Pedagang Pasar Serangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *