Siomay
Siomay

Siarpedia.com, Yogyakarta – Siomay adalah salah satu kudapan nikmat dan bisa disajikan dalam bentuk kuah ataupun gorengan. Teman siomay tak sendirian lho. Biasanya siomay dilengkapi makanan lain yang menyehatkan, seperti telur ayam rebus, kol, pare, dan tahu. Siomay ikan dari Bandung yang khas dengan ikan tenggirinya bisa menjadi camilan favorit keluarga.

 

Membuat siomay di rumah akan jauh lebih aman dan lebih higenis karena bahan atau resep-resep yang dibutuhkan dapat terkontrol kebersihannya dan dapat disesuaikan dengan selera keluarga. Dikutip berbagai sumber, dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.

 

“Di beberapa daerah, siomay tidak selalu dibungkus dengan kulit dari tepung terigu (kulit Pangsit) ,“ 

 

Saat ditemui, seorang penjual jajanan siomay Bang Royan, jalan Godean, bila disajikan kuah, siomay ikan ini akan lebih nikmat jika kuahnya bening dan dimakan ketika cuaca dingin, dan juga siomay bisa disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. “Di beberapa daerah, siomay tidak selalu dibungkus dengan kulit dari tepung terigu (kulit Pangsit) ,“  katanya.

 

Dikatakan, sebelum dihidangkan, biasanya siomay dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat. Tahu bakso (tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka) juga dapat dimasukkan ke dalam jenis siomay. Karena itulah di Jawa Barat, siomay juga populer dengan sebutan Bakso Tahu. Siomay umumnya dihidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah dihaluskan dan diencerkan dengan air.

 

Sewaktu disajikan, siomay bisa ditambahkan kecap manis, sambal botol dan perasan jeruk limau. Di Jawa Barat, teknik penyajian Bakso Tahu terbagi menjadi dua, yaitu bakso tahu kering dan basah. Umumnya pedagang yang menyajikan siomay dengan kedua pilihan penyajian ini juga menyediakan batagor dengan penyajian kering dan basah. Bakso tahu/batagor kering disajikan dengan bumbu kacang, seperti batagor pada umumnya. (*)

 

Siomay, Kudapan yang Nikmat
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *