Screanshot acara
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Situasi dan kondisi pandemi memberikan tantangan tidak mudah orangtua dengan anak gangguan autisme. Orangtua tak hanya menghadapi permasalahan sosial ekonomi karena pandemi, pembatasan kegiatan di sekolah dan tempat terapi juga menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka, sehingga anak dengan autisme kurang mendapatkan pelayanan intervensi terapi yang dibutuhkan.

 

“Namun harus segera bangkit dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi, “

 

Dalam webinar internasional yang mengambil tema pengasuhan dan pendampingan untuk anak dengan autisme secara online, Kamis, 1 Juli 2021, Dosen Universitas Pendidikan Sultan Idris, sekaligus Kaunselor Berdaftar di Malaysia Dr Norsayyidatina menyampaikan, orangtua dan guru dapat mengalami stres dan cemas saat mendampingi anak autistik. “Namun harus segera bangkit dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi, “  katanya..

 

Webinar dapat diakses melalui kanal youtube Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Webinar diikuti 500 peserta dari Indonesia dan Malaysia, juga Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi. Peserta webinar berasal dari mahasiswa, guru, terapis, orangtua, akademisi, praktisi, dan berbagai peserta dari masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap pendampingan dan pengasuhan anak dengan autisme..

 

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY Didik Wardaya SE MPd yang menyambut baik webinar tema pengasuhan dan pendampingan untuk anak dengan autisme. Hal ini mendukung juga program layanan yang dilakukan Pusat Layanan Autis (PLA) Yogyakarta, yang selama ini memberikan layanan terapi, pendidikan transisi dan pendampingan orangtua yang memiliki anak autisme dan anak kebutuhan khusus lainnya..

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 8 Juli 2021, webinar dibagi menjadi seminar menghadirkan dr Braghmandita WI MSc SpA/RSUP Dr Sardjito, Dr Yeni Triwahyuningsih Psikolog/ UMBY dan Sukinah MPd/Prodi Pendidikan Luar Biasa UNY. Talkshow menghadirkan Nihan Werdi Sesulih SPt/ibu dari 2 anak autisme, pemilik The Little House dan Kumala Windya MPsi Psikolog/Psikologi UMBY. (*)

 

Tantangan Tak Mudah, Pengasuhan Anak dengan Autisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *