Seporsi bubur ayam siap santap.
Seporsi bubur ayam siap santap.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Bubur ayam lazim dijumpai di Indonesia, mulai dari dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan. Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat atau pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri. Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja

 

Dikutip berbagai sumber, bubur ayam adalah salah satu jenis masakan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak, sehingga memiliki tekstur lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

 

Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas, sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam..

 

Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang  baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan. Banyak jenis dan variasi bubur ayam, tetapi resep paling lazim adalah bubur ayam yang disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam, seledri, ditambah irisan cakwe sebagai pelengkap, lalu diberi kerupuk di atasnya..

 

“Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam, seperti hati ayam, empela ayam, usus dan telur. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam“

 

“Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam, seperti hati ayam, empela ayam, usus dan telur. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam“ ucap penjual bubur ayam Abang Rifki di jalan Godean. (*).

 

Santap Lezat Bubur Ayam
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *