Screanshot acara
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan kampanye kesadaran mental melalui webinar pada Sabtu, 22 Mei 2021. Kegiatan ini diikuti oleh para guru bimbingan konseling, wali atau orang tua siswa sekolah, pengelola Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan mahasiswa-mahasiswi dari Indonesia dan Malaysia.

 

“Kegiatan ini yang diinisiasi oleh tiga dosen Fakultas Psikologi UMBY, Ainurizan Ridho R MPsi Psikolog, Ratri Pratiwi MA dan Rahimmatussalisa MA,“

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 27 Mei 2021, kampanye kesehatan mental di sekolah ini merupakan bagian dari kerja sama UMBY dan UPSI untuk pengabdian kepada masyarakat.  “Kegiatan ini yang diinisiasi oleh tiga dosen Fakultas Psikologi UMBY, Ainurizan Ridho R MPsi Psikolog, Ratri Pratiwi MA dan Rahimmatussalisa MA,“ ungkapnya..

 

Dikatakan, kegiatan yang dilakukan secara daring ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang kesehatan mental, periode krisis masa remaja dan keterampilan kemampuan PFA (Psychological First Aid) untuk para guru sekolah dan mahasiswa.  Kegiatan Join Community Service UMBY dan UPSI Malaysia ini diketuai oleh Ainurizan Ridho MPsi Psikolog dari UMBY dan Prof Madya Dr Norwaliza Abdul Wahab dari UPSI .

 

Dalam sambutannya, Prof Madya Dr Abdul Rahim Razali, Dekan Fakulti Pembangunan Manusia UPSI Malaysia menyatakan, kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting yang dapat membantu individu dalam mengatasi stress. Sementara Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi Psikolog menyatakan kesehatan mental menjadi perhatian khusus, terutama pada masa pandemi ini..

 

Prof Madya Dr Shamsiah Binti Mohd Jais, pembicara pertama menegaskan kembali tentang definisi kesehatan mental dan gejalanya yang harus diwaspadai, terutama di lingkungan sekolah maupun kampus. Pembicara kedua dr. Fiddina Mediola, Sp.Kj, Direktur RSK Puri Nirmala dan seorang peneliti memaparkan mengenai perkembangan kognitif, moral dan sosial, serta permasalahan yang dihadapi remaja di masa kini.. (*)

 

UPSI dan UMBY Kampanye Kesadaran Mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *