Screanshot acara
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Indonesia dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan webinar internasional dengan tajuk Empowering Volunteerism In Community Through Basic Helping Skills In Malaysia-Indonesia, pada 22 Mei dan 29 Mei 2021. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Malaysia dan Indonesia..

 

Pengabdian masyarakat ini melibatkan para ahli, praktisi, dan akademisi dari Indonesia dan Malaysia, antara lain peneliti kesehatan mental berbasis masyarakat, pekerja di sektor kesehatan mental, tokoh LSM, dan akademisi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai kesehatan mental, prinsip penting sebagai relawan sosial, serta aspek budaya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

 

Dalam webinar pertama, tim panelis Malaysia Dr. Hapsah Binti Md Yusof menekankan mengenai pentingnya membangun kepercayaan saat terjun ke masyarakat, sehingga masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran relawan. Sementara Dr. Nurul Hasyimah Binti Mat Rani menyampaikan bahwa relawan dituntut untuk bersikap ramah dan senantiasa menjaga kerahasiaan saat bertindak sebagai konselor.

 

“Turut hadir tim panelis Indonesia yang terdiri dari Dian Sartika Sari MPsi Psikolog dan Annas Fitria Saadah MPhill (akademisi UMBY), Maryama Nihayah MA (peneliti Kesehatan mental), dan Aspi Kristiati SKm MA (petugas kesehatan mental di Rumah Sakit Ghrasia Yogyakarta),“

 

“Turut hadir tim panelis Indonesia yang terdiri dari Dian Sartika Sari MPsi Psikolog dan Annas Fitria Saadah MPhill (akademisi UMBY), Maryama Nihayah MA (peneliti Kesehatan mental), dan Aspi Kristiati SKm MA (petugas kesehatan mental di Rumah Sakit Ghrasia Yogyakarta),“ demikian sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 31 Mei 2021..

 

Webinar kedua menghadirkan Dr Che Anuar Che Abdullah dan Tuan Hj Zairulshahfuddin Zainal Abidan dari Islamic Relief Malaysia serta Dr Fauziah Hanim Jalal dari Pertumbuhan Ikram Malaysia.. Selain pegiat LSM, webinar menghadirkan akademisi dari UMBY Dr Wahyu Kuncoro MSi dan akademisi dari UPSI yaitu Prof Dr. Nurul Ain Binti Mohd Daud. Webinar ditutup Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi Psikolog. (*)

 

Kembangkan Kapasitas Masyarakat dalam Jaga Kesehatan Mental
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *