PKM-KC “TAS” dari Prodi Matematika UMBY
PKM-KC “TAS” dari Prodi Matematika UMBY

Siarpedia.com, Yogyakarta – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah yang dibentuk Diretorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia untuk memfasiliasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

 

Dari 54.746 Proposal Dikti (Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi) hanya ada 4.522 proposal yang lolos pendanaan tahun ini, salah satunya dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk bidang PKM-Karsa Cipta (KC). PKM-KC yang lolos ini diketui oleh Nabilla Afrasalma Pratama, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMBY. Melania Eva Wulanningtyas MPd, Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY menyampaikan selamat.

 

PKM-KC milik Nabilla menjadi satu-satunya PKM dari UMBY yang lolos didanai oleh Dikti pada tahun 2021. Berjudul “TAS: Tangga Angka Statistika Sebagai Alternatif Alat Bantu Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita Ringan”. Tim ini beranggotakan Dara Miralda dari Prodi Pendidikan Matematika, Faa’iz Aufaa Rizqullah dari Prodi Ilmu Komunikasi, Rifaldi dari Prodi Bimbingan dan Konseling, dan Friska Nur Setia Putri dari Prodi Psikologi..

 

“Tangga Angka Statistika (TAS) yang dikembangkan ini merupakan alat peraga yang ditujukan sebagai alternatif alat bantu pembelajaran anak tungrahita ringan untuk mempelajarai materi statistika,“

 

Nabilla Afrasalma Pratama, Ketua PKM dari UMBY mengungkapkan pengembangan alat peraga untuk anak tungarahita ini merupakan luaran dari mata kuliah Teknologi Pembelajaran Matematika. “Tangga Angka Statistika (TAS) yang dikembangkan ini merupakan alat peraga yang ditujukan sebagai alternatif alat bantu pembelajaran anak tungrahita ringan untuk mempelajarai materi statistika,“  kata Nabilla ..

 

Nanang Khuzaini SPdSi MPd, Dosen Pengampu Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Matematika dan Dosen Pembimbing PKM-KC TAS ini menyampaikan bahwa sebagai tindak lanjut dari mata kuliah ini, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika mengikuti pelatihan penulisan proposal PKM di PKM Center Mercumatika yang dikoordinatori oleh Dosen Pendidikan Matematika UMBY,Nafida Hetty Marhaeni SPd MPd. (*)

 

Tangga Angka Statistika UMBY Lolos Pendanaan PKM Dikti  2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *