Andre Prasetyo,
Andre Prasetyo, saat hendak mengikuti wisuda UMBY

Siarpedia.com, Bantul – Prosesi wisuda merupakan momen penting bagi hampir semua mahasiswa. Tidak jarang di akhir studi di kampus tersebut, seorang wisudawan berusaha tampil maksimal, serta unik, beserta cerita tersendiri bagi keluarga maupun teman-temannya. Pandemi Covid-19 juga menghadirkan cerita tersendiri bagi prosesi wisuda, termasuk di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), yang menggelar wisuda secara drive thrue.

 

Pada saat momen wisuda, Andre Prasetyo menjadi salah satu wisudawan yang menikmati seremonial penting dalam hidupnya tersebut.  Andre itulah panggilan dari  Andre Prasetyo, dengan bangga dan tersenyum memasuki kompleks kampus pusat UMBY, untuk menghadiri wisuda, bersama 1.129 lulusan lainnya. Gelar sarjana strata satu yang di idam-idamkan yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19 resmi diraihnya. Rabu, 16, Desember 2020.

 

Andre  datang ke kampus kebanggaaanya dengan menggunakan sepeda ‘ontel tuwa’ bersama temannya, meski kawan seperjuangan lainnya banyak juga menggunakan kendaran bermotor. Ia tetap bangga, karena berhasil lulus dari UMBY. Sedangkan prosesi wisuda Sarjana dan Magister UMBY untuk periode Desember 2020 terpaksa menggunakan sistem drive thrue karena masih pandemi Covid-19, dengan penerapan protokol kesehatan.

 

“Prosesi wisuda menerapkan protokol sangat ketat, mulai dari pintu masuk utama sudah disemprot cairan disinfektan, kemudian menuju rektorat tempat wisuda juga harus menjaga jarak dengan wisudawan lainnya yang hampir semua memakai mobil, wajib bersarung tangan, masuk gedung juga di cek suhu, dan diberikan pakai face shield. Tak ada jabat tangan sesuai protokol kesehatan,”

 

“Prosesi wisuda menerapkan protokol sangat ketat, mulai dari pintu masuk utama sudah disemprot cairan disinfektan, kemudian menuju rektorat tempat wisuda juga harus menjaga jarak dengan wisudawan lainnya yang hampir semua memakai mobil, wajib bersarung tangan, masuk gedung juga di cek suhu, dan diberikan pakai face shield. Tak ada jabat tangan sesuai protokol kesehatan,” kata Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah Msi MM.

 

Meski dengan sistem drive thrue, namun wisuda UMBY memiliki cerita tersendiri. Termasuk tali di topi toga hanya digeser dengan jarak aman oleh rektor, lalu Andre melanjutkan ke ruang foto yang telah tersedia dan keluar gedung, serta kembali mengayuh sepedanya. “Andre Prasetyo merupakan lulusan Program Studi Agroteknologi Fakultas Agroindustri UMBY,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 17 Desember 2020. (*)

 

Bersepeda Ontel, Andre Ikuti Wisuda ‘Drive Thrue’ UMBY  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *