Poster acara PKM
Poster acara PKM

Siarpedia.com, Bantul – Sebagai wujud dari pengabdian kepada masyarakat di semester Gasal TA 2020/2021, tim program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diketuai Dr Triana Noor Edwina DS MSi Psikolog  menyelenggarakan PKM bertema ‘Psikoedukasi Dan Literasi Digital Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak’.

 

Even ini hasil kerja sama UMBY dengan pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bintang- Bintang, yang juga PAUD Terpadu di Kecamatan Sedayu. Tempat ini menyediakan layanan pendidikan, berupa Kelompok Bermain (KB), Taman Pengasuhan Anak (TPA), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ada 60 anak yang belajar di PAUD Bintang-Bintang dengan didampingi oleh 14 guru PAUD.

 

“Tema pengabdian kali ini tentang ‘Literasi Digital Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak’ dengan pembicara Arita Witanti ST MT, Dosen Fakultas Teknologi Informasi UMBY. Acara ini diselenggarakan secara online.  Pertemuan pengabdian via whatsapp pada Jumat (30/10/2020) mulai pukul 08.00 – 11.30. Acara ini diikuti 15 guru dan wali murid PAUD Bintang-Bintang,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 02 November 2020.

 

“Materi yang disampaikan berkaitan dengan masa pandemi Covid-19 yang membuat banyak hal berubah, termasuk berita-berita tentang Covid-19 yang kadang belum tentu kebenarannya. Untuk itu, pemateri mengajak pada peserta untuk mengenali berita-berita yang benar dan hoax. Orangtua diajak untuk menggunakan internet secara cerdas, dengan memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya, dan norma,”

 

“Materi yang disampaikan berkaitan dengan masa pandemi Covid-19 yang membuat banyak hal berubah, termasuk berita-berita tentang Covid-19 yang kadang belum tentu kebenarannya. Untuk itu, pemateri mengajak pada peserta untuk mengenali berita-berita yang benar dan hoax. Orangtua diajak untuk menggunakan internet secara cerdas, dengan memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya, dan norma,” paparnya

 

Selain itu, pemateri juga menginfokan tentang perpustakaan digital alternatif untuk mendapatkan sumber bacaan terbaik di era pandemi Covid-19. Pemateri mengenalkan aplikasi ipusnas – perpustakaan digital. Di sesi terakhir, pemateri menyampaikan tentang trik pengendalian gadget satu rumah. “Dengan aplikasi ini, maka orangtua dapat meminjam buku secara digital atau bisa membacakan buku cerita kepada anak-anak,” tutur Arita Witanti. (*)

 

Literasi Digital Untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *