Screanshot acara
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Secara kelembagaan Muhammadiyah Disaster Management Center memang baru dibentuk pada 2007 dan diresmikan dalam Muktamar 2010. Namun, kiprah kerelawanan Muhammadiyah dalam bencana sudah setua usia Muhammadiyah itu sendiri. Semangat KH Ahmad Dahlan mengimplementasikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari meliputi berbagai sisi kehidupan manusia, termasuk kebencanaan.

 

“Yang mana, diimplementasikan secara nyata. Inilah Muhammadiyah melakukan respon pertama dalam rangka letusan Gunung Kelud seabad yang lampau,”

 

“Yang mana, diimplementasikan secara nyata. Inilah Muhammadiyah melakukan respon pertama dalam rangka letusan Gunung Kelud seabad yang lampau,” ujar Ketua MDMC Budi Setiawan berkaitan dengan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah. Dilakukan secara daring even kali ini mengangkat tema ‘Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Upaya Pengurangan Resiko Bencana’.

 

Jambore diikuti unsur relawan Muhammadiyah se-Indonesia baik MDMC sendiri maupun organisasi otonom dan amal usaha. Dihadiri Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman dan Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Tohari. Lalu, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief. Jambore dimoderatori Koordinator Divisi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) MDMC Budi Santosa.

 

Budi mengatakan, ini merupakan pertama kalinya jambore relawan Muhammadiyah dilaksanakan secara daring. Tapi, ia menekankan, semangat jambore daring tahun ini memberikan jiwa tersendiri bagi MDMC untuk terus meningkatkan kualitas. “Dan, mutu penyelenggaraan program pengurangan risiko bencana bagi masyarakat, satuan pendidikan, rumah sakit dan komunitas lainya,” kata Budi, Kamis (28/10).

 

Agus Taufiqurrahman menerangkan, kegiatan kemanusiaan yang terwadahi lewat MDMC jadi bagian amal soleh yang terus berjalan sejak Muhammadiyah berdiri. Bahkan, 100 tahun lebih Muhammadiyah berkiprah dalam kebencanaan. PP Muhammadiyah mengapresiasi dan mendukung penuh yang sudah dilakukan relawan Muhammadiyah karena kegiatan kemanusiaan jadi bagian misi Muhammadiyah sejak awal berdiri.  (*)

 

MDMC Gelar Jambore Relawan Secara Virtual  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *