Usaha Ayam Kampung Mampu Sejahterakan Warga  

Peserta program berfoto bersama
Peserta program berfoto bersama

Siarpedia.com, Bantul – Usaha budidaya ayam kampung jika ditekuni dengan baik, dengan manajemen bagus juga mampu menyejahterakan peternaknya. Berkaitan hal itu, Kelompok Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) UKM Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan program pemberdayaan masyarakat bidang tersebut.

 

UKM KSR PMI UMY ini pun lolos dalam hibah program PHP2D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2020. Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa, dengan tujuan menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

 

Kelompok UKM KSR PMI UMY mengusung judul program ‘Pembangunan Ekonomi Desa Bangunjiwo Melalui Pengembangan Usaha Ayam Kampung Berbasis Good Management Production’. Judul tersebut dipilih karena adanya potensi yang kurang dimanfaatkan menjadi suatu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan oleh masyarakat. Lokasi yang dipilih di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul yang memiliki 1.522 kepala keluarga.

 

“Pelaksanaan program tersebut dilakukan di 2 lokasi, yaitu di Dusun Sambikerep dan Dusun Lemahdadi. Dua lokasi tersebut dipilih karena mayoritas masyarakatnya memiliki profesi sebagai buruh pembuat patung, padahal terdapat lahan yang luas di dusun tersebut. Jadi dilakukan pemanfaatan lahan untuk pembuatan kandang Ayam,”

 

“Pelaksanaan program tersebut dilakukan di 2 lokasi, yaitu di Dusun Sambikerep dan Dusun Lemahdadi. Dua lokasi tersebut dipilih karena mayoritas masyarakatnya memiliki profesi sebagai buruh pembuat patung, padahal terdapat lahan yang luas di dusun tersebut. Jadi dilakukan pemanfaatan lahan untuk pembuatan kandang Ayam,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan AIK UMY Prof Hilman Latief PhD.

 

Menurut Hilman Latief, program ini sangat menarik untuk dilakukan karena hal tersebut menjadi jalan pembentukan hubungan baik antara UMY dengan masyarakat.  Sedangkan Zuhud Rozaki SP MappSc PhD, dosen pendamping kelompok UKM KSR PMI UMY ini mendorong agar dapat memberikan manfaat yang baik terhadap masyarakat, dengan adanya pelaksanan PHP2D ini.   (*)

 

Usaha Ayam Kampung Mampu Sejahterakan Warga  
Ditag di:                

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: