Boarding School, Salah Satu Model Sekolah  

Mahasiswa peneliti berfoto bersama
Mahasiswa peneliti berfoto bersama

Siarpedia.com, Yogyakarta – Boarding school merupakan suatu kebijakan yang sudah popular di Indonesia. Kehadiran model sekolah ini dinilai sebagai model pendidikan yang efektif dalam mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai moral pada peserta didik, sehingga anak menjadi lebih tahu tentang nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan, serta kasih sayang sebagai nilai universal.

 

Untuk mengetahui seperti apa sekolah boarding school dalam menanamkan karakter kepada peserta didik, sekelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meneliti kebijakan boarding school dalam menanamkan pendidikan karakter. Mereka adalah Rimawati Septyaningsih, Tri Indah Widianingsih dan Adinda Dhafa Nona.

 

Menurut Rimawati Septyaningsih, kehadiran boarding school di Indonesia menjadi model pendidikan yang efektif dalam mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai moral pada peserta didik. Sehingga, anak akan menjadi lebih tahu tentang nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan, serta kasih saying sebagai nilai universal yang dimiliki agama.

 

“Namun pada kenyataannya di boarding school juga masih ada kekerasan yang tidak dibarengi dengan pengawasan maksimal dari pihak sekolah. Walau tidak pada semua boarding school, jika hal tersebut dibiarkan, maka akan berkembang dan dapat mengakibatkan krisis moral pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dari pihak sekolah dalam upaya penanaman karakter pada peserta didik,”

 

“Namun pada kenyataannya di boarding school juga masih ada kekerasan yang tidak dibarengi dengan pengawasan maksimal dari pihak sekolah. Walau tidak pada semua boarding school, jika hal tersebut dibiarkan, maka akan berkembang dan dapat mengakibatkan krisis moral pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dari pihak sekolah dalam upaya penanaman karakter pada peserta didik,” paparnya.

 

Penelitian mahasiswa UNY ini dilakukan MTs Binaul Ummah Bawuran Pleret Bantul. Adinda Dhafa Nona, Rabu, 23 September 2020, menjelaskan setelah dilakukan analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan kebijakan boarding school di MTs Binaul Ummah Bawuran Pleret Bantul sudah merujuk pada tujuan peningkatan karakter pada siswanya.  (*)

 

Boarding School, Salah Satu Model Sekolah  
Ditag di:                            

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: