Media pembelajaran (ilustrasi)
Media pembelajaran (ilustrasi).

Siarpedia.com, Yogyakarta – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, Fakultas Kegururan dan ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan seminar pendidikan tentang analisis karakteristik soal matematika pilihan ganda dengan Rasch Model. Kegiatan ini kerja sama Prodi Matematika UMBY dengan MGMP Matematika Propinsi DIY.

 

“Seminar yang berlangsung 3 jam ini mengulas berbagai hal dalam menganalisis jawaban siswa, seminar ini diharapkan mampu mewujudkan guru yang profesional dalam penilaian hasil belajar siswa dalam rangka mewujudkan generasi yang berkualitas. Seminar ini di ikuti oleh guru-guru matematika Madrasah Aliyah se-Propinsi DIY yang berjumlah sekitar 100an orang,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 21 September 2020.

 

Dalam sambutannya ketua MGMP Matematika DIY, Triyono SPd menyampaikan jika pengujian instrumen penelitian menggunakan rasch model baginya adalah sesuatu yang baru. “Memang perlu workshop lanjutan, sehingga kami dapat memahami dan menggunakannya untuk pengujian. Penguasaan materi dari presenter menjadikan kegiatan ini lebih menarik. Terimakasih Pak Irfan atas sharing ilmunya” ujarnya.

 

“Rasch Model dengan Ministep yang merupakan software gratis dan mudah digunakan, sehingga sangat membantu guru matematika dalam menganlisis soal pilihan ganda,”

 

Sebagai pembicara utama adalah Muhammad Irfan Rumasoreng SPd MPd, dosen Pendidikan Matematika UMBY. Dalam ulasannya ia menekankan pada penggunaan Rasch Model dengan Ministep. “Rasch Model dengan Ministep yang merupakan software gratis dan mudah digunakan, sehingga sangat membantu guru matematika dalam menganlisis soal pilihan ganda,” ucapnya.

 

Dengan demikian sehingga dapat memetakan dengan baik kesulitan, miskonsepsi yang dialami siswa dan mengetahui kemajuan dan perkembangan siswa serta memperbaiki kualitas pengajaran di sekolah masing-masing. Namun demikian, kata Muhammad Irfan Rumasoreng bagi mereka yang belum mengenal model ini diakuinya perlu belajar lebih, sehingga mampu mengaplikasikannya dengan baik. (*)

 

Prodi Matematika UMBY Gelar Webinar RASCH MODEL  
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *