Pelaksanaan program
Pelaksanaan program

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional di tahun 2020. Kali ini, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) UMY mendapat pendanaan hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

 

Program hibah kompetisi yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat desa. Dengan mengusung judul “Pengembangan Desa Wisata dan Budaya Gamol Melalui Agrotechnopark Sebagai Upaya Penguatan Literasi Pertanian Terintegrasi yang Berkelanjutan”.

 

LPTQ UMY menyelenggarakan peluncuran programnya pada akhir Agustus 2020, tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan. Farizna Permata Sari, ketua tim LPTQ UMY menyampaikan program yang dibuat berdasar kepada potensi Desa Gamol yang dapat dikembangkan menjadi Desa Wisata dan Budaya produktif, inovatif, dan mandiri. Beberapa kegiatan pemberdayaan yang dilakukan adalah penanaman bibit indigofera.

 

“Selain itu ada, pelatihan budidaya dan pendampingan usaha tani jamur, pembuatan rumah produksi pellet indigofera dan lobster air tawar, manajemen pengelolaan usaha, dan pemasaran produk,”

 

“Selain itu ada, pelatihan budidaya dan pendampingan usaha tani jamur, pembuatan rumah produksi pellet indigofera dan lobster air tawar, manajemen pengelolaan usaha, dan pemasaran produk,” terangnya, saat dihubungi pada Selasa, 1 September 2020. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari warga Desa Gamol sendiri karena selaras dengan program Dusun untuk mengubah cara berpikir serta perilaku masyarakat agar dapat lebih sejahtera.

 

Selain itu, UMY juga memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk LPTQ UMY dalam melaksanakan program ini. Prof Hilman Latief SAg MA PhD, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK UMY menyatakan program ini sejalan dengan pembinaan kemahasiswaan yang bertujuan untuk menambah empati mahasiswa terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. (*)

 

LPTQ UMY Kembangkan ‘Dewi’ dan Budaya Gamol Melalui PHP2D  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *