KKN IT 029 UMY, Berdayakan UMKM di Cilacap  

Bisnis HumanioraEDU
Peserta KKN berfoto bersama
Peserta KKN UMY berfoto bersama

Siarpedia.com, Bantul – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 029 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Zamira Butik yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kebonmanis, Sabukjanur, Cilacap Utara, Cilacap. Tujuan dari KKN ini adalah untuk memberdayakan UMKM yang berada di Cilacap dalam menghadapi new normal.

 

Yoga Nagara Dwi Rizkianto, Ketua tim KKN 029 UMY menyatakan, KKN yang telah berlangsung selama 4 minggu bersama Zamira Butik telah berhasil menyelesaikan program-program kerja sesuai yang telah direncanakan. KKN dengan mitra Zamira Butik ini didampingi oleh Alien Akmalia, M.Sc dosen Prodi Manaajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY sebagai dosen pembimbing lapangan.

 

“UMKM sangat membutuhkan dukungan untuk bisa survive pada saat pandemi seperti ini. Utamanya bagi UMKM yang belum ‘melek teknologi’. Oleh karena itu, sesuai dengan slogan KKN UMY, “UMY bergerak”, kami melalui tim KKN 029 memberikan pelatihan yang diperlukan untuk memasarkan produk secara online bagi Zamira Butik dan UMKM yang ada di wilayah Cilacap”,

 

“UMKM sangat membutuhkan dukungan untuk bisa survive pada saat pandemi seperti ini. Utamanya bagi UMKM yang belum ‘melek teknologi’. Oleh karena itu, sesuai dengan slogan KKN UMY, “UMY bergerak”, kami melalui tim KKN 029 memberikan pelatihan yang diperlukan untuk memasarkan produk secara online bagi Zamira Butik dan UMKM yang ada di wilayah Cilacap”, jelas Alien dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Agustus 2020.

 

Alien menambahkan KKN IT UMY kali ini berbeda dengan KKN sebelum-sebelumnya. “Dengan adanya pandemi, KKN mahasiswa dilakukan di daerah asal tempat tinggal mahasiswa. Dan ternyata hal ini memberikan dampak yang positif, mahasiswa menjadi lebih bersemangat karena punya niat besar untuk memajukan UMKM di wilayah nya. Hal ini sungguh-sungguh terjadi di tim KKN 029 yang saya bimbing’,” jelas Alien.

 

Pemilik Zamira Butik menyambut gembira dengan kehadiran mahasiswa KKN UMY. “Rasanya baru kemarin mahasiswa KKN UMY datang kesini, sekarang tidak terasa sudah selesai saja”, jelasnya pada acara penarikan KKN IT UMY kelompok 029 pada Sabtu. Menurutnya, adanya KKN IT dari UMY bukan saja membantu mengatasi masalah UMKM saat pandemi saja, namun juga membuka wawasan tentang pemanfaatan IT lebih luas.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *