KKN 63 UMBY  Adakan Belajar Membatik Online  

Membatik, ilustrasi
Membatik, ilustrasi

Siarpedia.com, Yogyakarta – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sangat digemari oleh banyak kalangan. Seiring zaman, batik juga ikut berkembang bersama kehidupan masyarakat. Bukan saja digunakan oleh masyarakat tertentu saja, namun mulai dari yang muda maupun orang tua pun menyukainya. Batik tidak hanya sebagai kebutuhan primer tetapi juga digunakan sebagai hiasan atau aksesoris.

 

Salah satu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) online yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 63 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pada periode ini adalah memberdayakan kegiatan membatik bagi masyarakat yang ada di lokasi KKN. Kegiatan ini dilakukan secara online, dengan menggunakan video tutorial youtube dan ditirukan oleh masyarakat.

 

Melania Eva Wulaningtyas SPd MPd, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok KKN 63 UMBY menyampaikan bahwa Selain untuk mengisi waktu luang dan mengasah keterampilan, kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk dapat lebih mencintai budaya Indonesia. Disisi lain adalah untuk membekali masyarakat agar dapat menigkatkan kemampuannya dalam berkreasi.

 

“Jika ditekuni, kegiatan ini juga dapat menghasilkan pemasukan bagi masyarakat sendiri,” tutur Melani Eva, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 27 Agustus 2020. Dikatakan, pada awalnya masyarakat merasa kesulitan, tetapi dengan bantuan dukungan dan arahan salah satu mahasiswa UMBY, yakni Elsa Apriliana dari program studi Ilmu Komunikasi, maka kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Sebagai bagian program KKN UMBY berbasis pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, kegiatan ini juga dinilai positif bagi pengembangan UMKM. “Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dikala akhir pekan yang dilakukan oleh banyak masyarakat di Desa Ujung Tanjung, Bungo, Jambi,” ujar Ridwan Nur Multi Hidayat dari program studi Psikologi.,” ungkapnya. (*)

 

KKN 63 UMBY  Adakan Belajar Membatik Online  
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: