UMBY Tambah Doktor bidang Ekonomi  

HumanioraEDU NewsLINE
Hasim As’ari SE MM
Hasim As’ari SE MM

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Hasim As’ari SE MM  berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), setelah berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul ‘Pengaruh Restrukturisasi Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Grup dan Non Grup di Indonesia’.

 

“Banyak perusahaan di Indonesia melakukan restrukturisasi pada tahun 1997 ketika krisis ekonomi, namun hasilnya beragam setelah melakukan restrukturisasi. Pasca krisis ekonomi tersebut restrukturisasi perusahaan di Indonesia masih berlanjut dengan hasil juga beragam, ada yang berhasil namun ada juga yang tidak berhasil, begitu juga dengan hasil penelitian tentang restrukturissi masih beragam dan belum konklusif,”

 

“Banyak perusahaan di Indonesia melakukan restrukturisasi pada tahun 1997 ketika krisis ekonomi, namun hasilnya beragam setelah melakukan restrukturisasi. Pasca krisis ekonomi tersebut restrukturisasi perusahaan di Indonesia masih berlanjut dengan hasil juga beragam, ada yang berhasil namun ada juga yang tidak berhasil, begitu juga dengan hasil penelitian tentang restrukturissi masih beragam dan belum konklusif,” ungkap Hasim

 

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 18 Agustus 2020, Hasim menyatakan, secara umum perusahaan grup memiliki kinerja setelah restrukturasi lebih baik daripada perusahaan non grup. Ini ditemukan pada jenis restrukturisasi restrukturisasi hutang, divestasi, akuisisi, dan PHK. Hanya ada satu jenis restrukturisasi yang dampaknya sama pada kinerja setelah restrukturisasi yaitu restrukturisasi right issue.

 

Pada jenis ini tidak ada perbedaan kinerja antara perusahaan grup dan non grup. Hal ini dikarenakan perusahaan grup dan non grup dengan tambahan dana dari pemodal dapat digunakan untuk kepentingan investasi, ekspansi, restrukturisasi, dan memperbaiki struktur modal. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat untuk ilmu keuangan khususnya teori restrukturisasi perusahaan.

 

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya UMBY Tutut Dewi Astuti SE MSi Ak CA CTA menyatakan bangga dengan tambahan Dr Hasim As’ari ini berarti UMBY telah memiliki 25 doktor yang lulus program Doktoral UII pada ujiannya di selenggarakan Jumat, 15 Agustus 2020. “Alhamdulillah, ini akan memberikan motivasi pada dosen-dosen UMBY yang lain yang sedang menempuh S3 baik di dalam maupun di luar negeri,” ujarnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *