Rombongan MTCC UMY berfoto seusai audiensi
Rombongan MTCC UMY berfoto seusai audiensi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Muhammadiyah Steps atau yang sebelumnya dikenal dengan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menggiatkan sosialisasi dan kampanye tentang peraturan kawasan tanpa rokok (KTR). Terbaru MTCC UMY melakukan Audiensi bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Banyumas.

 

Audiensi dihadiri Srie Yono (Asisten Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan), Amin ( Bagian Hukum Pemda Banyumas) dan Jasun (Dinas Kesehatan Banyumas). Pertemuan membahas perkembangan Regulasi KTR di Banyumas, dimana sebelumnya pada 2016, Banyumas telah memiliki Perda Nomor 26 Tahun 2016 tentang KTR, akan tetapi sampai awal 2020 Regulasi Peraturan Bupati terkait Pedoman Pelaksana KTR belum dimiliki.

 

Dalam kesempatan itu, Srie Yono menyampaikan optimisme kepada peserta audiensi yang hadir terhadap penyelesaian Peraturan Bupati tentang Pedoman Pelaksana KTR yang akan diselesaikan pada akhir Agustus sebelum bulan September 2020. Optimisme dan semangat Srie Yono disambut baik oleh Amin yang akan turut serta menyelesaikan tahapan Peraturan Bupati tentang Pedoman Pelaksana KTR yang akan diselesaikan akhir Bulan Agustus 2020.

 

Selain dengan melakukan Penguatan Regulasi KTR di Kabupaten Banyumas, Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas telah melakukan upaya Implementasi KTR lainnya seperti : Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Fasilitas Kesehatan dan Sekolah, menolak banyak tawaran Iklan reklame yang ada di jalan Protokol karena bertentangan dengan Perda KTR yang sudah ada.

 

“Komitmen lainnya antara Muhammadiyah Steps bersama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas pasca adanya Perbup Pedoman Pelaksana KTR, nantinya akan dilakukkan pendampingan secara intensif terhadap proses Implementasi maupun Enforcement KTR yang juga akan terintegrasi dengan penanganan Covid-19. Hal ini juga mengingat bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19,”

 

“Komitmen lainnya antara Muhammadiyah Steps bersama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas pasca adanya Perbup Pedoman Pelaksana KTR, nantinya akan dilakukkan pendampingan secara intensif terhadap proses Implementasi maupun Enforcement KTR yang juga akan terintegrasi dengan penanganan Covid-19. Hal ini juga mengingat bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19,” katanya. (*)

Kawasan Tanpa Rokok, MTCC UMY Dorong Pemkab Banyumas  
Tag pada:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *