Jadi Kebutuhan, Media BK Berbasis Aplikasi Online

HumanioraEDU NewsLINE
Tampilan screanshot workshop BK
Tampilan screanshot workshop BK UMBY bersama MGBK-MA.

Siarpedia.com, Bantul – Pandemi Covid-19 telah mengejutkan banyak pihak, tak terkecuali guru. Kondisi ini membuat proses belajar mengajar di sekolah terhambat karena belum diijinkannya kegiatan tatap muka demi mengurangi potensi penularan. Selain dampak negatif tersebut, ternyata pandemi Covid-19 juga membawa dampak positif, seperti guru di-akselerasi untuk masuk ke dalam revolusi 4.0 lebih cepat dari seharusnya yang serba digital.

 

“Tentu para guru perlu bereaksi cepat dengan menyesuaikan kebutuhan zaman dan faktor kondisi lingkungan dengan tetap menjaga kualitas pengajaran secara daring. Salah satu warga sekolah yang terdampak layanannya, yakni guru Bimbingan dan Konseling (BK), dituntut untuk mengubah bentuk layanannya menjadi berbasis digital,”

 

“Tentu para guru perlu bereaksi cepat dengan menyesuaikan kebutuhan zaman dan faktor kondisi lingkungan dengan tetap menjaga kualitas pengajaran secara daring. Salah satu warga sekolah yang terdampak layanannya, yakni guru Bimbingan dan Konseling (BK), dituntut untuk mengubah bentuk layanannya menjadi berbasis digital,” ujar Kaprodi Bimbingan dan Konseling Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Luky Kurniawan MPd.

 

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 18 Agustus 2020, Luky Kurniawan menyampaikan hal tersebut dalam program pengabdian kampus, khususnya Prodi BK UMBY dalam bentuk workshop bersama MGBK-MA (musyawarah guru Bimbingan dan Konseling Madrasah Aliyah) Yogyakarta, melalui Zoom App. Ketua MGBK-MA se-DIY Failasufah MPdI menyambut baik acara ini.

 

Menurut Luky Kurniawan, tuntutan ini bukan tanpa tantangan, dimana layanan Bimbingan dan Konseling yang sangat komprehensif dan mendasar, harus diterjemahkan para guru kedalam bentuk-bentuk yang bisa diakses oleh para siswa dari rumah. Penggunaan media BK menjadi sangat penting untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan oleh guru BK bisa diterima dengan baik oleh para siswa.

 

Sedangkan Ruly Ningsih Pd, Dosen Prodi BK UMBY sebagai pembicara lainnya menyampaikan dalam pemaparannya menjelaskan bentuk-bentuk media BK yang kekinian dan disenangi para siswa. Hal ini sangat berguna agar Guru BK mengetahui bentuk-bentuk media BK terbaru selain yang selama ini telah dikembangkan seperti podcast, video, dan mengundang influencer.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *