Rektor UMY (pegang mik) beserta jajarannya.
Rektor UMY (pegang mik) beserta jajarannya.

Siarpedia.com, Bantul – Setelah sukses menyelenggarakan Rektor Menyapa dengan Mahasiswa dan Orang Tua Mahasiswa secara online, kali ini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan sesi serupa tapi dengan Dosen dan Tenaga Pendidiknya di Lobby Rektor Lantai 1 Gedung AR Fachruddin A Kampus Terpadu UMY, Rabu, 12 Agustus 2020.

 

Ada sejumlah pembahasan yang disampaikan oleh Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP beserta jajarannya kepada dosen dan tendik. Salah satunya terkait dengan persiapan kuliah offline atau tatap muka yang rencananya dilakukan mulai September 2020 secara bertahap. Sudah lima bulan lamanya, perkuliahan di UMY dilakukan secara online melalui aplikasi MyKlass dan sejenisnya.

 

“Perubahan mendadak yang semula perkuliahan dilakukan tatap muka menjadi online telah melahirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya, namun sisi kekurangannya lebih dirasakan oleh mahasiswa maupun dosen yang mengajar. Hal tersebut menjadi pertimbangan UMY untuk kemudian mengadakan perkuliahan offline. Apalagi, perkuliahan online tidak bisa menggantikan kuliah tatap muka,”

 

“Perubahan mendadak yang semula perkuliahan dilakukan tatap muka menjadi online telah melahirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya, namun sisi kekurangannya lebih dirasakan oleh mahasiswa maupun dosen yang mengajar. Hal tersebut menjadi pertimbangan UMY untuk kemudian mengadakan perkuliahan offline. Apalagi, perkuliahan online tidak bisa menggantikan kuliah tatap muka,” ujar Gunawan Budiyanto.

 

Pihaknya menyadari bahwa perkuliahan online yang sudah dijalani selama pandemi masih terdapat beberapa kekurangan, dan kenyataannya tidak akan bisa menggantikan perkuliahan tatap muka. Tapi tentunya, dengan kondisi yang terjadi saat ini, perkuliahan tatap muka akan diadaptasikan dengan pola yang baru. “Kami sedang mempersiapkan protokol bagaimana dengan penerapan kebiasaan baru tersebut,” katanya..

 

Sementara itu untuk mekanisme perkuliahan bagi mahasiswa semester 1, 3, 5, 7 akan dilaksanakan secara berbeda, hal itu dijelaskan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Dr Ir Sukamta MT pada sesi Rektor Menyapa Dosen dan Tendik. Kendati demikian, meskipun UMY memberikan fasilitas perkuliahan tatap muka, namun kehadiran di ruang kelas bagi mahasiswa tidak dijadikan komponen penilaian.  (*)

 

Kampus Ini Fokus Persiapkan Kuliah Offline  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *