Kuliah Online Pengaruhi Reputasi Kampus  

Bekerja dari rumah (ilustrasi)
Kuliah daring, (ilustrasi).

Siarpedia.com, Bantul – Kuliah online atau dalam jaringan (daring) yang diberlakukan sejak Maret 2020 memberikan pengaruh terhadap reputasi kampus, seperti yang dialami oleh Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Serta ditunjang oleh produktivitas artikel yang dimiliki sivitas dalam raihan prestasinya. Terbaru, UMY berhasil mendapatkan peringkat ke-11 nasional versi Webometrics Ranking Web of Universities.

 

“Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali meraih prestasi pada akhir Juli 2020. Webometrics Ranking Web of Universities menempatkan UMY pada peringkat ke-11 nasional. Dengan demikian menjadikan UMY sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di DIY dan Jawa Tengah, dan PTS Nasional terbaik nomor 2, setelah Universitas Telkom,” ungkap Kepala Biro Sistem Informasi UMY Dr Wahyudi ST MT, Sabtu, 1 Agustus 2020.

.

Ia menjelaskan, Webometric merupakan sebuah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan ini dibuat berdasarkan data yang ada pada website perguruan tinggi, seperti jumlah halaman web, jumlah link yang dibagikan, serta jumlah artikel dan jurnal yang dimiliki dosen.

 

“Prestasi yang diraih UMY ini bukan hanya mengenai traffic website, namun juga tentang produktifitas artikel baik itu nasional maupun internasional. UMY merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik, sehingga semua komponen yang ada untuk penilaian pada webometric ini dapat dipenuhi dengan nilai yang cukup tinggi,”

 

“Prestasi yang diraih UMY ini bukan hanya mengenai traffic website, namun juga tentang produktifitas artikel baik itu nasional maupun internasional. UMY merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik, sehingga semua komponen yang ada untuk penilaian pada webometric ini dapat dipenuhi dengan nilai yang cukup tinggi,” papar Wahyudi memberikan penjelasannya.

 

Wahyudi mengatakan, kuliah online yang tengah berjalan sejak Maret lalu memberikan pengaruh sebanyak 30 persen pada prestasi yang diraih UMY ini. Selain itu, hal ini menjadi indikasi informasi, serta jurnal ilmiah yang didapatkan dari website UMY adalah terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. “Semoga ke depannya, kita bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan kekuatan IT kita untuk mengelola website UMY,” katanya.   (*)

 

Kuliah Online Pengaruhi Reputasi Kampus  
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: