Aktivitas lari diharapkan dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
Aktivitas lari secara rutin diharapkan dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, orang perlu melakukan aktivitas fisik serta olahraga yanng cukup agar tubuhnya tetap sehat dan bugar. Dengan tubuh yang sehat dan bugar diharapkan akan memproteksi diri dari serangan virus di tengah pandemi Covid-19. Namun mendapatkan dan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh juga mengalami tantangan tak mudah dalam masa pandemi ini.

 

Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dra RA Yayi Suryo Prabandari MSi PhD dan Dr dr Denny Agustiningsih MKes menegaskan hal itu dalam UGM Update bertema ‘Tips dan Trik Selama Masa Pandemi agar Tetap Sehat’ belum lama ini. Menurutnya, virus enggan menular jika seseorang dalam kondisi bugar dan sehat, sehingga imunitas tubuh harus dijaga dengan baik.

 

“Untuk sehat dan bugar, seseorang setiap hari harus ada gerak, entah aktivitas fisik atau olahraga. Dengan badan sehat dan bugar tentu akan menjadikan seseorang bisa bekerja atau belajar lebih baik. Kesehatan adalah investasi. Ini masa Covid-19 tubuh yang bugar membantu memproteksi kita dari virus. Dengan tubuh yang sehat dan bugar maka tidak mudah terkena, meski begitu jangan lupakan protokol kesehatan,”

 

“Untuk sehat dan bugar, seseorang setiap hari harus ada gerak, entah aktivitas fisik atau olahraga. Dengan badan sehat dan bugar tentu akan menjadikan seseorang bisa bekerja atau belajar lebih baik. Kesehatan adalah investasi. Ini masa Covid-19 tubuh yang bugar membantu memproteksi kita dari virus. Dengan tubuh yang sehat dan bugar maka tidak mudah terkena, meski begitu jangan lupakan protokol kesehatan,” pesannya.

 

Meski harus berada di rumah atau di kos, kata Yayi, harus tetap menjaga kesehatan dengan olahraga atau olah fisik. Para mahasiswa yang kebetulan berada di kos diharapkan untuk tetap melakukan itu. Aktivitas di rumah, menurut Yayi, berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Untuk itu, pada siapapun agar tetap melakukan olahraga atau aktivitas fisik meskipun dilakukan di ruang yang terbatas.

 

“Karena ada beberapa olahraga cukup singkat yang bisa dilakukan di kamar. Pernah saya mencoba seperti jalan di tempat tetapi memakai lagu. Saat itu hanya seperti jalan di tempat geser kanan geser kiri, maju mundur tetapi pakai lagu yang rancak, 20 menit saja sudah berkeringat. Agar sehat dan bugar, orang memang harus menyediakan waktu khusus olahraga, bukan sekedar jika ada waktu senggang,” katanya. (*)

 

Sehat dan Bugar Selama Pandemi  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *