Ilustrasi pemberdayaan masyarakat.
Ilustrasi pemberdayaan masyarakat.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pemberdayaan masyarakat adalah upaya menumbuhkan kekuatan pada masyarakat. Dari yang awalnya tidak berdaya, tidak tahu, tidak merasakan ada permasalahan menjadi memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran bahwa ada hal yang harus diubah di komunitasnya. Aktivitas yang biasa dilakukan adalah edukasi, pendampingan, pelatihan keterampilan, pengorganisasian dan advokasi.

 

“Namun ketika masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 dan pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar tentu hal ini mempengaruhi implementasi program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan organisasi masyarakat,”

 

“Namun ketika masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 dan pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar tentu hal ini mempengaruhi implementasi program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan organisasi masyarakat,” ujar Dr Moordiningsih MPsi Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 7 Juli 2020.

 

Hal itu disampaikan berkaitan dengan Webinar Nasional bertajuk ‘Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Era Pandemi Covid-19’. Acara  ini diisi pemaparan oleh para praktisi yang bergerak dalam isu akses pendidikan, gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, kesehatan mental masyarakat, kebudayaan dan kesejahteraan ekonomi komunitas.

 

“Kami mengundang perwakilan Rifka Annisa Yogyakarta (Defirentia One), Indonesia Mengajar (Juang Akbar Magenda) dan Pijar Psikologi (Regisda Machdy). Kami juga mengundang Dicky Senda, salah satu alumni Fakultas Psikologi UMBY yang merupakan penggerak masyarakat di daerahnya, serta Dr Moordiningsih MPsi Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi UMBY,” ungkap Nanda Yunika Wulandari MPsi Psikolog, Koordinator Acara.

 

Tujuan dari webinar ini adalah memberikan informasi mengenai permasalahan psikososial yang saat ini terjadi, juga untuk menularkan inspirasi kepada para peserta yang didominasi mahasiswa agar berbuat sesuatu dalam memecahkan persoalan di komunitas. Acara ini diikuti 587 peserta melalui aplikasi zoom meeting dengan moderator Ketua Pusat Studi Keluarga dan Komunitas Fakultas Psikologi UMBYAditya Putra Kurniawan, MSH.Counselling. (*)

 

Pemberdayaan Masyarakat Alami Tantangan Tak Mudah  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *