FKIP UMBY Gelar Webinar ‘UDL’  

HumanioraEDU NewsLINE
Suasana webinar FKIP UMBY.
Suasana webinar FKIP UMBY.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak sekali kegiatan yang terhambat atau terkena dampaknya. Salah satunya adalah proses pembelajaran. Untuk itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar yang bertajuk ‘Facilitating Remote Teaching Using Universal Design for Learning (UDL)’.

 

“Narasumber yang dihadirkan, Ibu Sisilia Novena Kusumaningsih BEd dari University of Montana membagikan pengalamannya dalam mengimplemetasikan penggunaan UDL untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar, khususnya di masa pandemi di University of Montana,” ungkap Dekan FKIP UMBY, Nuryadi SPdSi MPd, sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 6 Juli 2020.

 

Apa itu UDL? Universal Design for Learning (UDL) adalah pendekatan pengajaran yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa di kelas. Sebagai salah satu pendekatan yang dapat mengakomodasi perbedaan individu, Best practice tentang penggunaan UDL di Universitas Montana dijabarkan dengan rinci mulai dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi sampai dengan alternatif-alternatif solusi yang dapat para pendidik lakukan.

 

Kenapa harus menggunakan UDL? Sisilia Novena Kusumaningsih yang juga sampai sekarang masih aktif dalam mengajar Bahasa Indonesia untuk US Special Forces Group 1 mengungkapkan, UDL yang sudah diimplemetasikan ini  menyediakan cara-cara yang fleksibel dalam belajar  juga memungkinkan guru secara terstruktur mengembangkan instruksi untuk memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didiknya.

 

“UDL yang pertamakali diinisiasi oleh Ronald Mace ini dapat mendongkrak  prestasi tinggi untuk peserta didik, termasuk kepada siswa yang berkebutuhan khusus, berbeda latar belakang sosial ekonomi, dan variasi karakter peserta didik lainnya. Ada 3 prinsip dari UDL yang yang sangat membuatnya unik, yaitu The Why of Learning, The What of Learning, dan The How of Learning,”

 

“UDL yang pertamakali diinisiasi oleh Ronald Mace ini dapat mendongkrak  prestasi tinggi untuk peserta didik, termasuk kepada siswa yang berkebutuhan khusus, berbeda latar belakang sosial ekonomi, dan variasi karakter peserta didik lainnya. Ada 3 prinsip dari UDL yang yang sangat membuatnya unik, yaitu The Why of Learning, The What of Learning, dan The How of Learning,” papar  Sisilia Novena Kusumaningsih. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *