Progres KRL Yogya Terus Dikebut  

Bisnis NewsLINE
Ilustrasi: Kereta Prambanan Ekspres (Prameks)
Ilustrasi: Kereta Prambanan Ekspres (Prameks).

Siarpedia.com, Yogyakarta – Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemnhub) sedang fokus membenahi moda transportasi kereta api lokal dengan kereta rel listrik (KRL). Progres pembangunnannya terus dilakukan, termasuk di wilayah Daop 6 Yogyakarta. Bahkan, sejumlah pekerja proyek tampak bekerja ekstra keras mengerjakan proyek tersebut, meski saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

 

Berdasarkan pantauan Siarpedia.com, proses pengerjaannya sedang terus dikebut, mulai dari kereta apinya hingga jalur rel dan tiang-tiang elektrifikasiannya oleh Kementerian Perhubungan (Kemnhub). Direncanakan pada akhir tahun ini KRL diharapkan bisa mulai diujicobakan, untuk mengantikan kereta api lokal Prambanan Ekspres (Prameks) yang sudah lama beroperasi, serta armadanya dinilai berusia tua.

 

“Waduuuh mas maaf itu ranah DJKA (Direktorat Jenderal Kereta Api) Kemenhub mas. Ya kalau ada logikanya ganti KRL,”

 

Saat dikonfirmasi perihal kesiapan operasional KRL di wilayah Daop 6 Yogyakarta, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan belum bisa memberikan jawaban rinci yang jelas kepastiannya. Termasuk berkaitan nasib operasional Prameks. “Waduuuh mas maaf itu ranah DJKA (Direktorat Jenderal Kereta Api) Kemenhub mas. Ya kalau ada logikanya ganti KRL,” ujarnya, Rabu, 1 Juli 2020.

 

Dalam kesempatan terpisah, Peneliti Senior Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral)  Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Ing Ahmad Munawar MSc menyatakan, selain aspek finansial, permasalahan utama pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia terletak pada aspek sosial budaya masyarakat sebagai pengguna. Karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kualitas angkutan umum harus ditingkatkan untuk menarik pengguna.

 

Melihat progres proyek KRL Kemnhub ini, diharapkan moda transportasi umum yang diperbaharui dari kereta lokal yang disebut Prameks menjadi KRL seperti secercah harapan solusi transportasi perkotaan di Yogyakarta. Selain diharapkan pula menunjang pariwisata, sehingga ekonomi juga menjadi lebih baik. Tidak kalah penting adalah pengurangan polusi juga bisa dilakukan dengan modernisasi angkutan umum di kereta api ini. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *