Ilustrasi studi lanjut ke PT.
Ilustrasi studi lanjut ke PT.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, sejumlah kampus swasta di Yogyakarta optimis seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) tetap bisa berlangsung dengan baik, serta mendapatkan calon mahasiswa baru (Maba) unggulan. Namun, imbas pandemi menjadikan sulitnya ekonomi masyarakat diperkirakan menjadi kendala tersendiri untuk dapat memenuhi target kuota yang diharapkan oleh kampus.

 

Kabag Humas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Widarta SE MM menyatakan, pendaftaran calon Maba di UMBY saat ini sudah masuk seleksi gelombang 2 jalur prestasi akademik, yang dibuka 19 Mei 2020 hingga 20 Juli 2020 “Kita (UMBY) membuka pendaftaran tiga gelombang. Tahun lalu, menerima Maba 2.533 orang, ini baru reguler pagi lho mas,” ungkapnya, Jumat, 26 Juni 2020. Padahal, UMBY juga membuka kelas karyawan.

 

Untuk lokasi studi, UMBY menawarkan tiga lokasi kampus, terdiri dari Kampus 1 UMBY yang berlokasi di Jalan Wates Km 10 Sedayu, Kampus 2 UMBY di Gejayan Depok dan Kampus 3 UMBY di Jalan Ringroad Utara. Daya tarik lainnya adalah mahasiswa juga banyak dilibatkan dalam kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat oleh dosen UMBY, sehingga menjadi akrab, serta partner dalam pembelajaran.

 

“Ini (penurunan animo) menjadi kekhawatiran kami (UJB) dan kampus-kampus swasta yang lainnya juga,”

 

Sedangkan Wakil Rektor I Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta Dr Eng Mochamad Syamsiro ST MT menyatakan, untuk PMB saat ini memang ada kendala dibandingkan dengan tahun sebelumnya, berupa penurunan jumlah mahasiswa yang mendaftar, karena kesulitan ekonomi imbas pandemi Covid-19. “Ini (penurunan animo) menjadi kekhawatiran kami (UJB) dan kampus-kampus swasta yang lainnya juga,” ungkapnya, kemarin.

 

Ia mengatakan, pada tahun lalu, UJB menerima 1.000-an Maba. Meski dalam masa pandemi Covid-19 juga berimbas pada animo masyarakat mendaftar studi ke perguruan tinggi, namun pihaknya optimis bisa mendapatkan calon mahasiswa baru berkualitas. Sejumlah terobosan kampus untuk menggaet Maba pun dilakukan, dari PMB daring atau dalam jaringan, juga bisa daftar langsung ke kampus UJB Jalan Tentara Rakyat Mataram N0 55-57 Yogya.. (*)

 

Penerimaan Maba Pun Terimbas Pandemi  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *