Disiapkan, Dolan Nyaman dan Aman di GL Zoo  

Destinasi NewsLINE
Petugas memeriksa suhu tubuh pengunjung.
Petugas bakal memeriksa suhu tubuh pengunjung GL Zoo.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Menjelang bakal diberlakukannya new normal atau tatanan normal baru bidang pariwisata, manajemen Gembira Loka (GL) Zoo terus berbenah dan mematangkan skema protokol kesehatan di kawasan kebun binatang tersebut. Dengan harapan, saat buka kembali nantinya pengunjung dan karyawan GL Zoo akan merasa aman dan nyaman dari wabah Covid-19.

 

“Kami akan hati-hati, tidak tergesa-gesa buka. Kami tidak akan latah untuk segera buka,”

 

Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo menjelaskan, saat ini manajemen GL Zoo tengah menyusun  Standar Operasional  Prosedur (SOP) terakhir, sehingga  nantinya ketika Pemprov DIY menerapkan sistem new normal, maka GL Zoo sudah siap buka kembali melayani pengunjung. “Kami akan hati-hati, tidak tergesa-gesa buka. Kami tidak akan latah untuk segera buka,”  kata  Joko, kemarin.

 

Obwis GL Zoo ini tutup  sementara bagi pengunjung gegara korona, sejak 22 Maret lalu. Penutupan  diperpanjang hingga akhir Juni ini. Joko mengatakan, kalaupun  pemerintah akan menerapkan sistem new normal, manajemen GL Zoo tidak akan menganggap enteng dengan asal buka.  “Kami akan menerapakan  disiplin protokol dalam menghadapi pandemi ini,” jelas dia.

 

Menurutnya, selain pengunjung harus jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitizer dan pakai masker. Mereka ketika akan masuk di kawasan GL Zoo juga akan dibagikan kaos tangan dari plastik  agar tidak sering pegang  permukaan benda yang kemungkian tercemar virus. “Kaos tangan ini hanya sebagai pengingat agar pengunjung tidak  sering menyentuh permukaan benda,” harap Joko.

 

Manajemen GL Zoo juga membatasi jumlah wisatawan. Pada awal buka, maksimal dibolehkan 2.500 pengunjung. Di fase pertama itu tidak semua wahana dibuka, seperti ruangan tertutup yang biasa untuk  tontonan  ikan hias di ruang akuarium. Juga wahana gajah tunggang dan unta tunggang juga belum dibuka.  Selain itu,  pertunjukan Presentasi Edukasi  Satwa (PES) Aves dan pentas PES Mamalia juga belum digelar . (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *