Psikologi UMBY Gelar  Workshop Pengelolaan Data Berbasis JASP

HumanioraEDU NewsLINE
Workshop daring oleh Pasikologi UMBY.
Workshop daring oleh Psikologi UMBY.

Siarpedia.com, Bantul – Persaingan perguruan tinggi kian hari, semakin ketat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, perguruan tinggi swasta (PTS) perlu meningkatkan kualitasnya, agar tetap bisa bersaing, bertahan, dan berkembang di masa yang sulit. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi, sebagai salah satu karya Tri Dharma dosen.

 

“Kualitas publikasi juga terus dikembangkan, syarat dan ketentuan artikel ilmiah di jurnal bereputasi pun ketat. Salah satunya adalah analisis data penelitian yang digunakan oleh peneliti harus menggunakan aplikasi software berlisensi resmi.  Kendalanya, software analisis data yang berlisiensi resmi biasanya mahal, sehingga kurang terjangkau,”

 

“Kualitas publikasi juga terus dikembangkan, syarat dan ketentuan artikel ilmiah di jurnal bereputasi pun ketat. Salah satunya adalah analisis data penelitian yang digunakan oleh peneliti harus menggunakan aplikasi software berlisensi resmi.  Kendalanya, software analisis data yang berlisiensi resmi biasanya mahal, sehingga kurang terjangkau,” ujar Ranni Merli Safitri ST Msi, dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

 

Pengampu mata kuliah statistic itu mengatakan, kondisi di atas menjadi hambatan para peneliti dalam proses publikasi. Salah satu yang bisa menjadi solusi adalah menggunakan software analisis statistic berlisiensi resmi yang terjangkau. Jeffreys Statistics Amazing Program (JASP) merupakan open access software yang dikembangkan Departement of Psychological Methods, Universiteit of Amsterdam, yang berlisensi resmi dan free.

 

Berkaitan hal itu, Fakultas Psikologi UMBY mengadakan Workshop  Pengelolaan Data dengan JASP. “Program aplikasi ini dibuat sederhana untuk dioperasikan dan dapat diunduh secara gratis, serta dapat menginstalnya pada hardware yang menggunakan system operasi Windows, MacOS, dan Linux. Software ini dapat menggantikan program analisis berbayar lainnya yang biasa digunakan,” paparnya.

 

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 17 Juni 2020, materi workshop yang disampaikan Ranni Merli Safitri tersebut mencakup persiapan dan deskripsi data penelitian, analisa validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran melalui classical test theory dan factor analysis, analisis korelasi (bivariate, regression analysis, mediation analysis), dan analisis uji beda (t-test, analisis variansi).  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *