Terima Kembali Mahasiswa, UMY Siapkan Skenario  

HumanioraEDU NewsLINE
Salah satu ikonik gedung UMY.
Salah satu ikonik gedung UMY.

Siarpedia.com, Bantul – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersiap diri untuk menerima kembali mahasiswanya dengan sejumlah skenario sesuai protokol kesehatan menjelang new normal atau kenormalan baru di kampus. UMY pun sudah mengadakan rapat koordinasi terbatas bersama Koramil Kasihan, Polsek Kasihan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Camat Kasihan, Lurah Tamantirto dan para Kepala Dukuh sekitar kampus.

 

“Kami sadar tidak mungkin kembali dengan kondisi seperti sebelum COVID-19, sehingga harus bersiap dengan ‘new normal’,”

 

“Kami sadar tidak mungkin kembali dengan kondisi seperti sebelum COVID-19, sehingga harus bersiap dengan ‘new normal’,” ujar Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 10 Juni 2020. Gunawan juga menjelaskan, UMY telah melakukan persiapan untuk kuliah secara dalam jaringan (daring) bagi mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menyambut semester baru yang akan dimulai pada September 2020 mendatang.

 

Namun, ia juga menyebutkan tidak semua perkuliahan dapat dilakukan secara daring. “Contohnya seperti kegiatan praktik yang harus dilakukan secara tatap muka oleh beberapa Program Studi (Prodi). UMY sudah bersiap pada bulan September untuk kuliah daring di semester baru, tetapi perkuliahan praktikum tidak mungkin dilaksanakan secara daring,” ungkapnya memberikan alasan pertimbangan.

 

Secara kalender akademik, UMY sendiri telah menetapkan tanggal 1 – 5 Juli 2020 sebagai waktu kedatangan mahasiswa ke wilayah DIY, bagi mahasiswa akhir atau praktikum, mengingat status Tanggap Darurat Bencana COVID-19 diperpanjang sampai 30 Juni 2020. Kegiatan praktikum, skill lab, dan praktik profesi atau kerja praktik atau magang Semester Genap 2019/2020 kemudian akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 – 30 Agustus 2020.

 

“Untuk itu, UMY terus melakukan persiapan untuk membantu proses perjalanan mahasiswa, diantaranya dengan memberikan surat keterangan sebagai mahasiswa akhir atau sedang praktikum, yang bisa didownload melalui KRS online,” katanya. Menurutnya, meski tidak mudah, namun kegiatan perkuliahan juga perlu dipikirkan bersama, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *