Ilustrasi obor takbiran saat tidak ada pandemi.
Ilustrasi obor takbiran saat tidak ada pandemi.

Siarpedia.com, Bantul – Meskipun acara takbiran saat perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M kemarin diselenggarakan secara virtual di lingkungan masjid kompleks Universitas Mercu Buana Yogyakarta  (UMBY), namun kegiatan tersebut tetap meriah. Kebijakan ini diambil karena takbiran yang umumnya dilakukan secara massal oleh umat Islam, tak bisa digelar karena adanya pandemi Covid-19.

 

“Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441 Hijriah, UMBY berharap seluruh umat muslim, dan khususnya civitas akademik UMBY tetap dapat bersuka cita, meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemi ini,”

 

“Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441 Hijriah, UMBY berharap seluruh umat muslim, dan khususnya civitas akademik UMBY tetap dapat bersuka cita, meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemi ini,” ujar Rektor UMBY Dr Hj Alimatus Sahrah. Takbir virtual ini diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan UMBY yang lebih dari 300 orang,  menggunakan    aplikasi video confrence.

 

Takbir virtual yang diinisiasi dari implementasi oleh Biro ICT UMBY yang dikomdaoi oleh Kepala Biro ICT UMBY   Albert Yakobus Chandra SKom Meng. Ia pun mengatakan jika penggunaan aplikasi ini sekaligus sebagai ujicoba untuk ke depannya bisa digunakan untuk acara-acara pertemuan dengan skala besar, selain mengunakan aplikasi-aplikasi yang lain yang sudah biasa seperti zoom.

 

“Kegiatan takbir  dimulai sejak pukul 19.30 Wib, dan tayangannya disiarkan live melalui akun youtube dan Fanpage resmi UMBY” ujar Widarta SE MM, Kepala Humas UMBY, Selasa, 26 Mei 2020. Menurutnya, dalam kesempatan tersebut, Rektor UMBY Alimatus Sahrah mengatakan, takbir virtual ini diharapkan dapat mengobati kerinduan umat muslim dan kelurga besar UMBY terhadap ritual malam takbiran.

 

Apalagi, dikatakan jika UMBY yang sudah lebih dari dua bulan menerapkan kerja dari rumah (KDR), yang artinya sudah dua bulan bisa bertemu hanya lewat media online. “Jadi malam takbiran ini kita bisa tetap bertakbiran bersama mengobati rindu sesama pegawai, meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita,” ajak  Alimarus Sahrah.  (*)

 

Tetap Meriah Meski Takbiran Digelar Secara Virtual  
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *