bayi gajah koleksinya yang lahir di saat pandemi Covid-19 dinamai Arinta
Gajah koleksi GL Zoo.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai salah satu objek wisata unggulan di Yogyakarta, Gembira Loka (GL) Zoo menjadi primadona bagi masyarakat saat mengisi liburan, termasuk momen Idul Fitri atau Lebaran. Namun, karena dalam masa pandemi Covid-19 yang memaksa GL Zoo tutup sementara menjadikan liburan Lebaran 1441 H / 2020 M kali ini menjadi tidak membuka layanan kunjungan.

 

“Ini sedang proses persiapan karena paling cepat buka bula Juli,”

 

Meski begitu, adanya imbauan dari pemerintah untuk memasuki kehidupan baru atau berkegiatan dengan normal baru atau new normal sampai adanya vaksin Covid-19, manajemen pun bersiap diri menyambutnya dengan tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan bagi semua pihak. “Ini sedang proses persiapan karena paling cepat buka bula Juli,” ungkap Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo, Senin, 25 Mei 2020.

 

Saat ini, koleksi terbaru dari GL Zoo adalah bledug gajah yang diberi nama Arinta, hasil dari indukan Sinta dan Argo. Bayi gajah berkelamin betina tersebut lahir di tengah pandemi virus korona (Covid-19), dan sudah mulai belajar makan sayur maupun buah-buahan, serta minum sendiri, tidak lagi rutin menyusui induknya seperti hari-hari sebelumnya. Arin lahir pada 25 Maret lalu dari pasangan gajah bernama Argo dan Sinta.

 

KMT A Tirtodiprojo atau akrab disapa Joko  menjelaskan,  bayi gajah koleksinya yang lahir di saat pandemi Covid-19 dinamai Arinta, dengan harapannya nantinya  bakal  tumbuh kuat dan semakin mandiri. Disadari, diusia balita bahkan sampai duabelas tahun, anak gajah biasanya  rawan kena penyakit herpes. Maka kandang dan tempat umbaran Arin harus selalu bersih dan  terkontrol  oleh mahout perawatnya.

 

Menurutnya, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan  Ekosistem  (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI  Ir Wiratno MSc juga mengapresiasi kondisi GL Zoo saat kunjungannya belum lama ini. Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, kebun binatang kebanggan masyarakat Yogyakarta ini masih mampu mencukupi kebutuhan pakan dan asupan gizi untuk satwa koleksinya. (*)

 

GL Zoo Siap Hadapi New Normal  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *