Salah satu mahasiswa UMBY saat aksi Ramadan Berbagi.
Salah satu mahasiswa HMPS Psikologi UMBY saat aksi Ramadan Berbagi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Ramadan Berbagi merupakan agenda rutin Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Tak terkecuali pada tahun ini, meskipun merebaknya wabah corona yang menghawatirkan, hal itu tidak menyurutkan mahasiswa untuk membagikan donasi berupa makanan takjil kepada masyarakat kurang mampu dan pihak-pihak yang membutuhkan.

 

“Pada tahun ini, Ramadan Berbagi HMPS Psikologi UMBY diadakan bertepatan dengan hari ke-28 Ramadan,”

 

“Pada tahun ini, Ramadan Berbagi HMPS Psikologi UMBY diadakan bertepatan dengan hari ke-28 Ramadan,” Eko Gandhi Wijaya, Ketua HMPS Psikologi UMBY, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto SE MM, Jumat, 22 Mei 2020. Dijelaskan, pada acara kali ini, Ramadan Berbagai berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengerahkan lebih banyak perwakilan mahasiswa. Ramadan berbagi 1441 ini hanya dilakukan oleh perwakilan.

 

Kegiatan dimulai dengan persiapan pukul 14.00 WIB, mulai dari menentukan titik kumpul, persiapan perlengkapan, serta mengumpulkan perbekalan yang dibagikan kepada saudara yang kurang mampu. Setelah sholat ashar, pada pukul 15.30 tim donasi bergerak menuju titik pembagian donasi yang telah disurvey sebelumnya. Dengan menggunakan sepeda motor untuk memudahkan mobilitas, tim donasi menyusuri beberapa titik donasi di Yogyakarta.

 

Seperti yang diketahui, dengan ditutupnya hampir seluruh kegiatan ekonomi di Malioboro yang selama ini menjadi jantung pariwisata Yogyakarta membuat beberapa usaha harus menutup sementara kegiatannya guna mencegah penularan COVID-19. Tak jauh berbeda dengan tukang becak yang kesehariannya menggantungkan hidup di jalan pun kerap tak memiliki pemasukan sama sekali karena tak menghantarkan satupun wisatawan dalam sehari.

 

Ketua Tim Donasi Nova Tio Anggara menyampaikan tantangan yang tim donasi hadapi diantaranya sektor pariwisata sepi, banyak warung tutup, dan mendekati lebaran beberapa rumah makan sudah tidak menerima pesanan. “Alhamdulillah kegiatan selesai tepat waktu dan didukung dengan cuaca yang cerah, meskipun diprediksi tim donasi akan bertemu dengan hujan ringan.” ucap Nova Tio Anggara. (*)

 

Ramadan Berbagi Bersama HMPS Psikologi UMBY  
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *