FKIP UMBY Adakan Mini Workshop Olah Data  

HumanioraEDU NewsLINE
Ilustrasi workshop olah data.
Ilustrasi workshop olah data.

Siarpedia.com, Bantul – Kegiatan pembelajaran dari rumah atau learning from home sudah dilaksanakan sampai pada tengah semester genap di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Mahasiswa dan dosen bersama-sama mewujudkan pembelajaran secara online atau berbasis daring. Tidak sedikit kendala yang dihadapi oleh para civitas akademika UMBY.

 

“Salah satu kendala yang dihadapi adalah kesulitan mencari data dan mengolah data pada para mahasiswa tingkat akhir. Kesulitan mencari data ini dikarenakan banyak sekolah yang juga memberlakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Bagaimana jika sudah memiliki data, tetapi kesulitan untuk mengolah data tersebut ?,”

 

“Salah satu kendala yang dihadapi adalah kesulitan mencari data dan mengolah data pada para mahasiswa tingkat akhir. Kesulitan mencari data ini dikarenakan banyak sekolah yang juga memberlakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Bagaimana jika sudah memiliki data, tetapi kesulitan untuk mengolah data tersebut ?,” ungkap Dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY Arie Purwanto SPd MSc.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto SE MM, Sabtu, 16 Mei 2020, Arie Purwanto berbagi pengalaman kepada mahasiswa tingkat akhir untuk mengolah data penelitian. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Prodi Matematika FKIP UMBY Melania Eva MPd ini berupa Mini Workshop Olah Data dengan R-Commander yang membahas mengenai hipotesis, uji normalitas, homogenitas, sampai regresi melalui platform Google Meet.

 

Dijelaskan, program R-Commander ini dikatakan sebagai lingua franca (bahasa standar)  yang digunakan dalam pemograman dalam menyelesaikan masalah-masalah analisis statistik. Melalui aplikasi Google Meet, Arie Purwanto dibantu Nafida Hettty Marhaeni menyampaikan diskusi materinya. Kegiatan dilaksanakan kurang lebih 5 jam. Antusisme mahasiswa sangat besar mengingat mereka membutuhkan informasi ini.

 

Tidak hanya mahasiswa dari UMBY, tetapi ada juga dari Univeristas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Swadaya Gunung Jati, UPI YPTK Padang, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, sampai Universitas Madura Pamekasan. Ada juga dari guru  SDS Nurul Falah II, SMA Muhammadiyah Mlati, SMA N 1 Bengkalis dan SMA N 6 Rejang Lebong Bengkulu. (*)

 

Tinggalkan Balasan