Masih Banyak Warga Tak Pakai Masker  

Health JogjaLIFE
Ilustrasi masker kain.
Ilustrasi masker kain.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Meskipun pemerintah sudah mensosialisasikan tentang penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah sebagai langkah meminimalisir penularan Covid-19, namun masih banyak yang tak mematuhi anjuran, bahkan terkesan mengabaikannya. Kondisi ini menjadi keprihatinan bersama, sehingga Pemda DIY mencanangkan gerakan memakai masker.

 

“Selama ini, sudah secara rutin Satpol PP DIY dan kepolisian menggelar patroli terhadap imbauan penggunaan masker, social distancing, dan perilaku hidup bersih dan sehat,”

 

Kepala Satpol PP DIY Drs Noviar Rahmad MSi mengatakan, dasar dari pencanangan gerakan memakai masker ini ialah hasil evaluasi terhadap kondisi masyarakat DIY yang dilakukan oleh Satpol PP DIY berkoordinasi dengan kepolisian. “Selama ini, sudah secara rutin Satpol PP DIY dan kepolisian menggelar patroli terhadap imbauan penggunaan masker, social distancing, dan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya, Jumat, 15 Mei 2020.

 

Namun dari hasil evaluasi pihak Pol PP hingga saat ini ternyata masih banyak juga warga yang tidak menggunakan masker, dengan berbagai alasan, entah saat beraktivitas di kantor maupun tempat publik, seperti di pasar-pasar. Padahal, kunci dari mencegah penyebaran Covid-19 ialah dengan tinggal di rumah atau stay at home dan kalaupun harus keluar rumah, wajib pakai masker sebagai proteksi diri dari penularan virus tersebut.

 

Noviar mengatakan, pada Gerakan Memakai Masker ini Pemda DIY membagikan sebanyak 45 ribu masker ke seluruh warga, sekaligus memasang spanduk bertuliskan area wajib memakai masker di tempat-tempat tertentu. “Harapan kami, tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, sekaligus mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup sehat” katanya.

 

Mengenai sanksi bagi yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau ruang publik, Noviar menegaskan jika akan dikenai sanksi sosial. Hal ini karena pihaknya telah mengimbau kepada para penjual untuk tidak melayani konsumen yang tidak memakai masker, dan sebaliknya, konsumen jangan berbelanja jika penjual tidak menggunakan masker.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *