Peternakan ayam dalam kandang
Peternakan ayam dalam kandang.

Siarpedia.com, Bantul – Meskipun pada saat ini bisnis peternakan mengalami hambatan dan keterpurukan imbas dari pandemi Covid-19, namun diprediksi ke depan bidang ini bisa segera menggeliat dan bangkit. Konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan protein, dari mulai sapi, ayam, bebek dan produk hewani lainnya adalah salah satunya disuplai dari bidang peternakan adalah solusinya.

 

“Kekuatan bisnis peternakan tentu ditopang oleh sumber daya manusia peternakan unggulan, salah satunya dari alumni atau lulusan Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY),”

 

“Kekuatan bisnis peternakan tentu ditopang oleh sumber daya manusia peternakan unggulan, salah satunya dari alumni atau lulusan Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY),” ungkap Kepala Humas UMBY Widarto SE MM, Rabu, 22 April 2020. Ia mengungkapkan, jika Prodi Peternakan UMBY telah hampir setengah abad berkiprah dan mengabdi untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan siap berwirausaha.

 

Dengan visinya ‘Menjadi Program Studi Peternakan Unggul di tingkat Nasional’, UMBY menghasilkan lulusan berkompeten di bidang produksi ternak tahun 2025. Prodi Peternakan UMBY pun hingga kini sudah meluluskan hampir 2.000 lulusan. Mereka tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan banyak yang berasal dari negara tetangga, seperti Timor Leste.

 

“Kebanyakan alumni kami bekerja sebagai birokrat, ASN/PNS (Kementerian Pertanian, Kementrian Pendidikan, Ristekdikti, Dinas, sampai Balai Penelitian),  Peneliti, Guru, Dosen, perusahaan berskala nasional dan intersional, berwirausaha di bidang perunggasan (broiler/petelur), agrowisata, poultry shop, penggemukan sapi, budidaya kerbau, industri sapi perah, penggemukan dan pembibitan domba, kambing maupun ternak ayam,” ungkapnya.

 

Apalagi, dosen/pendidik Prodi Peternakan 25% telah bergelar Doktor, memiliki sertifikat Dosen, jurnal nasional dan internasional serta hak paten (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, mahasiswa Prodi Peternakan UMBY difasilitasi unit kegiatan mahasiswa dan fasilitas pendidikan lengkap, serta mempunyai kesempatan magang di Jepang. Terbukti mahasiswa peternakan meraih banyak prestasi nasional maupun internasional. (*)

 

Diterpa Covid-19, Bisnis Peternakan Tetap Prospektif  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *