Hadapi Pandemi Covid-19, Optimalkan Peran LSM  

Sehat bersama, lawan covid-19.
Sehat bersama, lawan covid-19.

Siarpedia.com, Bantul –  Magister Ilmu Pemerintahan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau Jusuf Kalla School of Government meneliti peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Penelitian diketuai Prof Dr Achmad Nurmandi MSc dengan dibantu Dr Zuly Qodir MAg, Dr dr Arlina Dewi MKes serta Riska Rahayu SIP.

 

“Dalam menghadapi tantangan besar melawan atau menghentikan persebaran COVID-19 di Indonesia, tidak hanya dibutuhkan peran pemerintah saja, namun diperlukannya peran dari swasta, seperti LSM,”

 

“Dalam menghadapi tantangan besar melawan atau menghentikan persebaran COVID-19 di Indonesia, tidak hanya dibutuhkan peran pemerintah saja, namun diperlukannya peran dari swasta, seperti LSM. Untuk itu, LSM perlu bersatu dan terlibat dalam gerakan penanganan penyakit Covid-19, dengan edukasi dan penggalangan dana secara nasional,” ungkap Achmad Nurmadi, yang juga Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY, Senin, 20 April 2020.

 

Menurutnya, penggalangan dana yang dikumpulkan LSM bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) untuk mengatasi Covid-19 perlu ditingkatkan. Termasuk bagaimana mengajak mereka para LSM dalam sosialisasi pentingnya menjalankan kebijakan secara disiplin, seperti ajakan jaga jarak. “Hasil ini berdasarkan penelitian yang kami (Magister Ilmu Pemerintahan Pascasarjana UMY) lakukan sejauh ini,” ungkapnya.

 

Sementara itu, bentuk penggalangan dana tersebut disalurkan melalui penyediaan alat medis, rumah sakit darurat, bantuan makanan dan tentu untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. “Selain itu, keterlibatan LSM lainnya adalah penyemprotan disinfektan, karantina wilayah, sosialisasi cuci tangan, sosialisasi gaya hidup sehat, sosialisasi jaga jarak (Physical Distancing) yang ditujukan untuk semua lapisan masyarakat.” tutup Nurmandi. (*)

 

Hadapi Pandemi Covid-19, Optimalkan Peran LSM  
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan