Work From Home, Dosen UMBY Berikan Tips Sehat

Health HumanioraEDU
Bekerja dari rumah (ilustrasi)
Bekerja dari rumah (ilustrasi).

Siarpedia.com, Bantul – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menerapkan kebijakan work from home (WFH), sebagai langkah ikut berkontribusi memutus penyebaran virus Covid-19 tersebut. Bagi masyarakat, kini isilah WFH menjadi tak asing terdengar. Termasuk bagi semua Tenaga Kependidikan dan Dosen di UMBY yang diwajibkan kerja dari rumah dengan tetap melayani mahasiswa dengan sistem pelayanan administrasi secara online.

 

“Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa pertanyaan, apakah kalian sudah beradaptasi dengan sistem kerja dari rumah? Atau bosan dan lelah bekerja dari rumah? Bosan dan lelah bekerja dari rumah dan tidak dapat beradaptasi dengan sistem kerja dapat mengakibatkan burnout syndrome. Lalu apa itu burnout syndrome?,” ungkap Wahyu Hidayat SPd, Tenaga Kependidikan Program Studi Psikologi S1 UMBY.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto SE MM, Senin, 20 April 2020, Wahyu Hidayat menjelaskan, burnout syndrome menurut World Health Organization (WHO) merupakan penyakit stres kronis. Kondisi ini disebabkan tekanan pekerjaan yang belum dapat ditangani dengan baik. Sindrom ini ditandai dengan kelelahan fisik maupun emosional dan mengakibatkan penurunan energi tubuh, sehingga merasakan penurunan semangat bekerja.

 

Kemudian akan kehilangan minat  bekerja dan pada titik tertentu kalian akan merasa bosan dan lelah terhadap pekerjaan. Jika kondisi ini dibiarkan dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas pekerjaan anda, apabila berlangsung lama maka dikhawatirkan imunitas akan mengalami penurunan sehingga rentan terkena penyakit fisik seperti pusing, hipertensi & migrain serta mengganggu kesehatan mental anda seperti mudah marah dan depresi.

 

 “Ada tips agar tidak cepat lelah saat Work from Home, yaitu terapkan kerja 20 menit. Kemudian memandang 20 meter selama 20 detik, lakukanlah secara rutin. Sesekali berdirilah lakukan peregangan, kalau sudah 2 jam kerja berhenti sebentar untuk melakukan refreshing seperti mengambil minum atau makanan kecil, sholat, keluar rumah sebentar atau aktivitas lainnya,” pesan Wahyu Hidayat.

 

“Ada tips agar tidak cepat lelah saat Work from Home, yaitu terapkan kerja 20 menit. Kemudian memandang 20 meter selama 20 detik, lakukanlah secara rutin. Sesekali berdirilah lakukan peregangan, kalau sudah 2 jam kerja berhenti sebentar untuk melakukan refreshing seperti mengambil minum atau makanan kecil, sholat, keluar rumah sebentar atau aktivitas lainnya,” pesan Wahyu Hidayat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *