Kereta Prameks.
Kereta Prameks.

Siarpedia.com, Yogyakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengurangi atau memberhentikan sejumlah perjalanan kereta hingga akhir April. Sejumlah kereta yang dikurangi perjalanannya selama pandemi Coronavirus disease atau Covid-19 ini, yakni KA lokal Prambanan Ekspress (Prameks) hingga KA jarak jauh Sancaka relasi Yogyakarta-Gubeng pp.

 

Manajer Humas PT. KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menyatakan,  untuk KA lokal di wilayah Daop 6 mulai 20 April terdapat 13 perjalanan KA Prameks yang dibatalkan, yaitu, 3 KA relasi Solo Balapan – Yogyakarta. Selanjutnya 3 KA relasi Solo Balapan – Kutoarjo, 2 KA relasi Yogyakarta-Solo Balapan, 4 KA relasi Kutoarjo-Solo Balapan, dan 1 KA relasi Yogyakata-Kutoarjo.

 

“Sepinya peminat dan dukungan anjuran di rumah saja oleh pemerintah menjadi alasan pengurangan operasional kereta tersebut,”

 

“Sepinya peminat dan dukungan anjuran di rumah saja oleh pemerintah menjadi alasan pengurangan operasional kereta tersebut,” ungkapnya, Sabtu, 18 April 2020. Dikatakan, terdapat pengurangan sementara beberapa perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) serta penghentian atau pembatalan sementara perjalanan KA Antar Kota Joglosemarkerto dan KA Sancaka mulai Senin maupun Selasa, 20-21 April 2020).

 

Menurutnya, penghentian operasional akan dilaksanakan hingga 30 April mendatang sembari melihat perkembangan situasi. “Kami berusaha mensukseskan anjuran physical distancing, pembatasan perjalanan, dan himbauan untuk #dirumahsaja dari pemerintah. Namun selain itu alasannya karena minimnya jumlah penumpang atau okupansi penumpang yang sangat rendah pada beberapa KA tersebut,” ucapnya.

 

Ia meminta pengguna Prameks menyesuaikan jadwal. Meski ada 13 jadwal dibatalkan, masih ada perjalanan Prameks yang tetap berjalan.  Antar lain relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB dan 15.55 WIB. Selain itu, relasi Solo Balapan-Yogya dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB dan 18.12 WIB. (*)

 

Sejumlah Perjalanan Prameks Dibatalkan, Berikut Daftarnya  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *