Matematika UMBY Kenalkan Pembelajaran Berbasis Game  

HumanioraEDU NewsLINE
Media pembelajaran (ilustrasi)
Media pembelajaran (ilustrasi).

Siarpedia.com, Bantul – Sudah hampir satu bulan pembelajaran di sekolah dan universitas dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online, imbas dari pandemi Coronavirus disease atau Covid-19. Atau yang familiar dengan nama e-learning. Salah satu kontribusi yang dilakukan Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) adalah menyiapkan media pembelajaran yang dapat diakses secara digital.

 

“Pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran, dosen harus dapat berperan aktif mengimplementasikan hasil pembelajaran yang biasanya disampaikan di kelas untuk dapat dishare langsung kepada mahasiswa. Imbasnya, aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran bermunculan,”

 

“Pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran, dosen harus dapat berperan aktif mengimplementasikan hasil pembelajaran yang biasanya disampaikan di kelas untuk dapat dishare langsung kepada mahasiswa. Imbasnya, aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran bermunculan,” ungkap Melania Eva Wulanningtyas MPd, Dosen Pendidikan Matematika UMBY, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto SE MM, Jumat, 17 April 2020.

 

Ia menjelaskan, salah satu aplikasi berbasis android yang dapat dibuat adalah ‘math challenge’. Aplikasi ini menawarkan permainan yang dapat diakses oleh pengguna android. Permainan ini memperkenalkan budaya yang dikombinasikan dengan ilmu matematika. Cabang ilmu yang menggabungkan antara budaya dan matematika dinamakan ethnomatematika.

 

Menurutnya, permainan ini memperkenalkan ethnomatematika yang ada di museum kereta api Yogyakarta. Hal ini dilakukan karena konsentrasi mata kuliah yang ditawarkan oleh Pendidikan Matematika FKIP-UMBY adalah Multimedia dan Ethnomatematika. Selain itu, untuk menjembatani ketersediaan smartphone yang dimiliki mahasiswa, dibuat pula aplikasi ‘Math jungle’”.

 

Permainan ini dijalankan melalui personal computer/ PC untuk dapat langsung diakses atau dimainkan oleh para pengguna. Pada mata kuliah yang membutuhkan media pembelajaran, dosen dan juga mahasiswa dapat memanfaatkan adanya website geogebra. Melalui website ini dosen dan mahasiswa, terutama mahasiswa yang hendak mempersiapkan penelitian skripsi dan harus dilaksanakan secara online dapat membuat lembar kerja secara digital. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *