Sejumlah program kartu dari pemerintah.
Sejumlah program kartu dari pemerintah. (ilustrasi).

Siarpedia.com, Jakarta – Pendaftaran program Kartu Prakerja telah dibuka secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id, pada Sabtu, 11 April 2020. Kartu Prakerja merupakan program bantuan biaya pelatihan dan intensif bagi para pekerja, pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil serta menengah (UMKM) yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19 atau Coronavirus disease.

 

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, berikut beberapa hal yang perlu Anda diketahui soal program Kartu Prakerja, yang dihimpun Siarpedia.com, pada Minggu, 12 April 2020. Yakni tahap pendaftaran. Dari mulai pendaftar membuat akun Prakerja di situs resmi, memasukkan nama, tempat/tanggal lahir, NIK, dan swafoto dengan KTP. Selanjutnya, kementerian/lembaga terkait akan meverifikasi yang dikirim ke nomor telepon peserta.

 

Peserta dapat mengisikan kode OTP yang dikirim tersebut. Tidak lupa pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 19 soal berdurasi maksimal 25 menit. Peserta diperbolehkan menggunakan alat tulis seperti kertas, pensil atau pulpen untuk menyelesaikan soal. Hasil akan langsung muncul sekitar 5 menit kemudian. Jika tidak muncul, peserta dapat mengklik tombol refresh.

 

Kemudian pendaftar bergabung pada gelombang pendaftaran yang dibuka. Pilihlah gelombang sesuai domisili. Setelah itu ada notifikasi apakah lolos atau bisa ikut gelombang tersebut. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat. Pembatasan kuota sampai akhir tahun ini. Mulai 11 April 2020 hingga minggu keempat November, setiap minggunya akan dibuka kuota 164.000 peserta. Setiap selesai gelombang mempunyai periode dan kuota tertentu.

 

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui e-mail dan/atau SMS. Kartu Prakerja tak berbentuk fisik, melainkan kode unik berisi 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta dapat memilih pelatihan yang diinginkan pada platform digital mitra resmi program, seperti Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.  Info lengkap di www.prakerja.go.id. Semoga bermanfaat ! (*)

 

Yang Perlu Anda Tahu soal Kartu Prakerja
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *