Penandatangan pelepasan hak tanah hibah daerah.
Rektor UNY meneken naskah pelepasan hak tanah hibah daerah dari Pemkab Gunungkidul.

Siarpedia.com, Gunungkidul – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul secara resmi melepas hak tanah hibah daerah seluas 4,6 hektar di Pacarejo Semanu kepada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis, 9 April 2020 di Rektorat UNY. Pelepasan hak dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul Drajad Ruswandono mewakili Bupati Gunungkidul Hj Badingah Ssos dan diterima Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

 

Drajad Ruswandono mengatakan bahwa kegiatan hari ini sangat bersejarah. Awalnya tanah yang akan digunakan oleh UNY itu dirancang akan dipakai sebagai sirkuit untuk bangkitkan ekonomi. Namun,  tanah tersebut dipilih oleh Rektorat UNY untuk digunakan sebagai kampus UNY di Gunungkidul. Pemkab Gunungkidul berharap agar proyek tidak berhenti, sehingga target pada bulan September dapat terealisasi.

 

“Masyarakat Gunungkidul berharap banyak dengan adanya pemanfaatan optimal Kampus UNY yang akan menjadi kebangkitan ekonomi baru.  Dengan adanya kampus akan menghidupkan aktivitas ekonomi harian di sekitarnya,”

 

Pelepasan hak tanah dilakukan dengan penandatangan naskah oleh Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono dan Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd. Hadir sejumlah pejabat Pemkab Gunungkidul dan UNY.  “Masyarakat Gunungkidul berharap banyak dengan adanya pemanfaatan optimal Kampus UNY yang akan menjadi kebangkitan ekonomi baru.  Dengan adanya kampus akan menghidupkan aktivitas ekonomi harian di sekitarnya,” ujarnya.

 

Sutrisna Wibawa mengatakan, bahwa proses pelepasan hak tanah hibah daerah ini telah melalui berbagai tahapan sesuai dengan peraturan pemerintah tentang aset negara. Menurutnya, UNY akan membuka beberapa Program Studi (Prodi) yang sudah berizin diantaranya teknik elektronika, tata busana, tata boga, sekretaris dan akuntansi. Untuk beberapa program studi yang baru sedang diproses izinnya.

 

“Walaupun pada saat ini sedang ada wabah Covid 19 atau Coronavirus disease, namun proyek kampus UNY di Gunungkidul tetap berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Sementara itu, sosialisasi terus berjalan dengan harapan para calon mahasiswa siap untuk studi di UNY kampus Gunungkidul. Kami bergelut dengan waktu karena September direncanakan telah menerima mahasiswa baru” papar Sutrisna Wibawa.  (*)

 

Pembangunan Kampus UNY di Gunungkidul, Siap Dikebut
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *