Pembuat media belajar Pancasila berbasis komik.
Pembuat media belajar Pancasila berbasis komik.

Siarpedia.com, Sleman – Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman yang sangat tinggi. Keragaman itu tersebar dengan indah di seluruh bumi pertiwi ini. Keberagaman Indonesia terlihat dari suku, ras, ataupun agamanya. Realitas persatuan saat ini berbeda dengan apa yang dirumuskan oleh founding fathers Indonesia. Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai terkotak-kotak pada identitas masing-masing golongan atau kelompok.

 

Memudarnya nilai-nilai Pancasila dalam diri masyarakat, terutama generasi muda, memudahkan paham, serta perilaku tidak seusai dengan ideologi bangsa menjadi membudaya dan berkembang dengan menargetkan masyarakat usia muda. Berdasar keprihatinan ini mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat media pembelajaran penanaman nilai-nilai Pancasila untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Mereka adalah Awan Nakulanang, Elly Nur Rahmawati dan Muhammad Abdul Aziz yang tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY.  “Karya inovasi media pembelajaran ini kami diberi nama ‘Kompas’ yang merupakan akronim dari Komik Pancasila,” ungkap Awan Nakulanang, Senin, 6 April 2020.

 

“Komik ini dirancang dan disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran PKn tingkat SMP  agar pembelajaran terasa menyenangkan dan efektif,”

 

Menurut Awan Nakulanang, Kompas ini merupakan media pembelajaran PKn dengan bentuk buku komik inovatif dalam menunjang pembelajaran PPKn siswa Sekolah Menengah Pertama. “Komik ini dirancang dan disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran PKn tingkat SMP  agar pembelajaran terasa menyenangkan dan efektif,” paparnya.

 

Ia mengatakan, untuk bahasan materi dalam komik sederhana namun memberikan gambaran percakapan oleh tokoh-tokoh Kompas dalam mewujudkan suasana belajar yang serius namun menyenangkan. Media pembelajaran ini dirancang dengan mengacu pada tahap pendefinisian. Pemilihan desain komik ini merupakan inovasi dalam pembelajaran Pancasila agar para siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya. (*)

 

Dikembangkan, Media Belajar Pancasila dengan Komik  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *