Sekda Bantul/Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul mengecek ketersediaan APD.
Sekda Bantul/Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul mengecek ketersediaan APD.

Siarpedia.com, Bantul – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meminta masyarakat bumi Projotamansari, juga jajaran di pemerintah setempat untuk berkomitmen bersama memerangi Coronavirus disease atau Covid 19. Berkaitan mudik Lebaran, Pemkab Bantul menghimbau kepada pemudik agar menunda sampai waktu yang memungkinan. Pemkab Bantul juga menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk penanganan Covid 19 di Bantul.

 

Bupati Bantul Drs H Suharsono menyampaikan hal itu saat rapat melalui teleconference yang pertama kalinya di Komplek Parasamanya Bantul, Jumat 27 Maret 2020. Menurutnya, rapat online dengan jajaran OPD dan Camat se Bantul guna mengurangi tatap muka terkait ancaman Covid 19. Materi rapat online meliputi laporan penanganan Covid 19, kesiapan tim medis, ketersediaan alat pelindung diri (APD), serta skenario jika terjadi lonjakan pasien.

 

Sekda Bantul Drs Helmi Jamharis, Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan, saat ini Pemkab Bantul sudah memberikan Rp 6 milyar kepada Dinkes Bantul untuk melaksanakan pemesanan-pemesanan terhadap barang yang dibutuhkan. Namun demikian, dana tersebut tidak akan bisa mencukupi kalau kondisi dan situasi saat ini yang menunjukkan trend kenaikan terhadap jumlah OPD maupun PDP di Bantul.

 

Ia juga mengunjungi gudang farmasi Bantul guna mengetahui ketersediaan obat-obatan, APD dan penunjangnya, yang harus didistribusikan ke 27 Puskesmas se Bantul. Tim Gugus Tugas ingin mengetahui bahwa ketersediaan obat dan sarana lain yang dibutuhkan itu tercukupi, sehingga Pemkab Bantul melalui Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai kebutuhan yang mereka perlukan.

 

“Kepada masyarakat, jangan cemas, jangan khawatir dan juga jangan panik, Pemkab Bantul akan terus-menerus berusaha memberikan pelayanan terbaik, nah kerja sama yang kita butuhkan dari warga masyarakat adalah selalu menjaga kesehatan, laksanakanlah pola hidup bersih dan sehat di keluarganya masing-masing, cuci tangan dengan sabun, dan hindari kumpul-kumpul pertemuan dengan warga masyarakat secara bersama-sama,” pesannya. (*)

 

Perantau Bantul Diimbau Tunda Mudik
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *