kepulangan seluruh mahasiswa dari Thailand
Kepulangan mahasiswa UMY dari Thailand dipantau medis satgas Covid UMY.

Siarpedia.com, Bantul – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akhirnya memulangkan 19 orang mahasiswa yang sedang maupun yang sudah tuntas studi  di Thailand. Secara bertahap, seluruh mahasiswa itu tiba di Tanah Air mulai dari 20, 21 dan 24 Maret 2020. Setibanya di DIY, UMY langsung memberlakukan protokol khusus ketat dari Tim Satgas Mitigasi Covid-19 UMY ke seluruh mahasiswa yang baru saja tiba.

 

Kepala Kantor Urusan Internasional UMY Yordan Gunawan menyatakan, kepulangan seluruh mahasiswa dari Thailand itu karena telah menyelesaikan program studinya. Selain itu, ada permintaan kampus secara resmi agar UMY menarik kembali mahasiswanya. Mereka studi di Thailand, tersebar di Khon Kaen University berlokasi di Khon Kaen District, Thammasat University berlokasi di Bangkok dan Maejo University berlokasi di Chiang Mai.

 

“Memang ada yang sudah selesai programnya, tapi juga ada yang memang diminta kembali secara resmi melalui surat oleh kampus setempat karena wabah Corona sendiri. Tetapi tentu dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk pola transfer kredit yang di dapat oleh mahasiswa untuk tetap dilanjutkan dengan sistem pembelajaran daring (online),” ungkapnya, Kamis, 26 Maret 2020.

 

Yordan Gunawan juga menjelaskan jika UMY memiliki prosedur khusus, yang semua didasarkan pada protokol yang sudah ditentukan oleh Rektor UMY melalui Tim satgas Mitigasi Covid-19 UMY. Semua mahasiswa yang akan pulang ke Indonesia, wajib berkoordinasi dengan Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional serta kembali terlebih dahulu ke UMY.

 

“Mereka dijemput dengan protokol ketat oleh tim Lembaga Kerja Sama UMY yang memang sudah dicek kesehatannya oleh Tim Medis UMY, termasuk pengendara mobil kampus juga wajib menggunakan baju khusus, sarung tangan, masker dan handsanitizer. Mahasiswa menjalani tes kesehatan, lalu disemprot cairan desinfektan, serta pendampingan awal mengenai tahap selanjutnya, yaitu karantina,” katanya.   (*)

 

Kepulangan Mahasiswa UMY dari Thailand Dipantau Satgas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *