Seporsi nasi pecel menggugah selera
Seporsi nasi pecel yang menggugah selera.

PECEL atau pecal merupakan salah satu kuliner ikonik Indonesia, sebagai menu masakan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang tanah sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Meski begitu, kini kulier pecel atau nasi pecel telah bermunculan dimana-mana, diseantero nusantara, termasuk kota besar Jakarta.

 

Sebagai salah satu kuliner Tanah Air, namun asal nama dan asal daerah dari pecel belum diketahui secara pasti. Namun dapat dimaknai secara etimologi, dalam bahasa Jawa, bahwa pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’. Ada angapan pecel itu berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Angggapan ini karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.

 

Namun, dari segi tampilan, makanan ini juga mirip dengan gado-gado di Jawa Tengah, sehingga kuliner ini diklaim juga berasal dari daerah tersebut. Hanya saja kuliner pecel ini dianggap mirip gado-gado, meski beberapa hal membedakannya adalah campuran bahan dan tekstur bumbunya. Nama Pecel Madiun merupakan pecel yang paling terkenal di Indonesia, yang diklaim berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Timur.

 

Seiring waktu, masakan campuran sayuran dengan kuah bumbu kacang ini hingga kini masih terus eksis di nusantara. Citarasa guruh, manis dan lezat, serta kesegaran sayuran yang bergizi menjadi beberapa alasan masyarakat meminati menu yang satu ini. Secara tampilan, pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda-beda sesuai kota asal pecel.

 

Misalnya piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan ada  kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel, terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Yang pasti sarapan nasi pecel, dapat lezatnya dari gurih si sambal kacang, juga sehat bergizi dengan asupan sayurnya.  (*)

 

Sarapan Nasi Pecel, Lezat, Juga Sehat
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *