Sabun Pencuci Tangan dari Daun Jambu Air  

Health HumanioraEDU
Sabun Pencuci Tangan dari Daun Jambu Air
Sabun pencuci tTangan dari daun jambu air buatan mahasiswa UNY.

Siarpedia.com, Sleman – Coronavirus yang dinyatakan pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organizatin (WHO) menyita perhatian publik. Berbagai cara pencegahan diupayakan. Salah satunya menggiatkan lagi cuci tangan menggunakan sabun atau hand wash dengan air mengalir. Banyak pula produk sabun pencuci tangan yang mengandung antibakteri, terutama bakteri yang memberikan efek negatif bagi tubuh.

 

Sekelompok mahasiswa kreatif dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi dan meneliti daun jambu air dengan nanopartikel perak untuk dibuat sabun pencuci tangan. Mereka adalah Laatifah (Program Studi/Prodi Fisika), Dian Saputra (Prodi Pendidikan Biologi) dan Ulfa Fitri Rohmatin (Prodi Kimia). Semuanya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY.

 

Laatifah menyatakan, membuat sabun cair dari ekstrak daun jambu air karena mengandung beberapa senyawa aktif berupa flavonoid, saponin, alkaloid dan triterpenoid. Salah satu dari senyawa tersebut berupa saponin memiliki manfaat sebagai pembersih atau antiseptik. “Daun jambu air juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional, untuk menyembuhkan beberapa infeksi akibat antigen berupa bakteri,” jelasnya Kamis, 19 Maret 2020.

 

Sedangkan  nanopartikel perak umumnya digunakan karena sifatnya yang bertoksik rendah. Ion perak bersifat netral dalam air, tahan asam, garam, dan berbasa lemah. umumnya digunakan karena salah satu sifatnya yang bertoksik rendah. Ion perak bersifat netral dalam air, tahan asam, garam, dan berbasa lemah. Nanopartikel memiliki banyak kegunaan antara lain sebagai pectrom, katalis, zat pelapis permukaan, dan antibakteri.

 

Untuk pembuatan hand wash ini mengunakan basa KOH, Gliserin dan minyak VCO. Pemilihan KOH sebagai bahan pembuatan sabun adalah karena jika digunakan untuk hand wash atau sabun pencuci tangan, maka KOH lebih mudah larut dibanding NaOH. Alasan penggunaan VCO sebagai bahan dasar pembuatan sabun karena VCO merupakan minyak yang menguntungkan kulit,  warna VCO yang bening, jernih, serta mudah larut dalam air. Penambahan gliserin pada sabun berfungsi sebagai pelembut.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *