Tes Coronavirus
Ilustrasi tes Coronavirus.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Coronavirus disease atau Covid 19 kini menjadi trending topic di dunia, termasuk di Yogyakarta. Sejak dinyatakan sebagai pandemic atau wabah oleh organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), informasi dan pemberitaan tentang Coronavirus, dari jumlah pasien, tatalaksana penanggulangan, juga upaya isolasi diri sebagai langkah meminimalisir persebaran menyebar luas.

 

Terbaru adalah upaya cek diri dengan tes Coronavirus menjadi salah satu pilihan sejumlah anggota masyarakat untuk memastikan diri terhindar dari virus ganas tersebut. Imbasnyanya dengan merebaknya informasi penyebaran Coronavirus di Indonesia, termasuk di Yogyakarta tidak sedikit membuat masyarakat mendatangi sejumlah rumah sakit yang memiliki layanan tes virus tersebut untuk memeriksakan kesehatannya.

 

Kabag Hukum dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Banu Hermawan tidak menampik jika beberapa hari ini semakin bertambah masyarakat yang datang untuk mengecek kondisi kesehatannya di rumah sakit milik pemerintah tersebut. “Warga tidak hanya cek kesehatan secara umum, akan tetapi juga bertanya tentang Corona,” ungkap Banu Hermawan melalui sambungan telepon, Rabu, 18 Maret 2020.

 

Ia  menjelaskan, siapa yang perlu melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit, yaitu bagi mereka yang pernah kontak dengan pasien positif Vovid 19 (berada dalam satu ruangan yang sama/kontak dalam jarak 1 meter). Atau pernah berkunjung ke negara/daerah endemis Covid 19 dalam 14 hari terakhir. Jika hal tersebut diatas dilakukan, maka jika terindikasi demam (> 38 derajat celcius), pilek, batuk dan sesak nafas). Maka perlu melakukan tes Covid 19.

 

Jika tidak mengalami demam, atau tanda-tanda indikasi Covid 19, namun pernah mengunjungi daerah endemis Covid 19 juga disarankan untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat untuk diperiksa secara seksama sebagai antisipasi diri, juga diharapkan mengikuti saran dari tim medis yang memeriksanya. Atau hubungi 119 ext 9 atau layanan center rumah sakit yang melayani rujukan Covid 19 terdekat.  (*)

 

Informasi selengkapnya lihat bagan di bawah ini.

Cek Coronavirus, Pahami Tatacaranya
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *