Kepala Badan Pusat Statistik DIY Dr Heru Margono MSc
Kepala BPS DIY Dr Heru Margono MSc saat paparan materi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dalam era sekarang ini, keterlibatan kampus sangatlah penting dan berperan besar untuk suksesnya sensus penduduk 2020. Kunci keberhasilan sensus penduduk, yaitu sensus penduduk harus mencover seluruh penduduk Indonesia. Artinya  keterlibatan semua pihak sangat penting. Saat ini, teknologi juga sudah maju dan kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan dirinya untuk didata juga meningkat.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada FMIPA UNY (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta) yang berkolaborasi dengan BPS,” kata Kepala Badan Pusat Statistik DIY  Dr Heru Margono MSc di Rapat Koordinasi di Kampus Sensus Penduduk 2020 FMIPA UNY, Selasa, 17 Maret 2020. Acara juga dihadiri BPS Sleman, dosen dan 100 mahasiswa Sahabat Sensus dari Program Studi (Prodi) Statistika FMIPA UNY.

 

Dalam kesempatan tersebut, BPS DIY  mengajak semua perguruan tinggi yang mempunyai Prodi Statistika untuk ikut bersama-sama mensukseskan sensus penduduk 2020. “Kita wajib melaksanakan sensus penduduk setiap 10 tahun, dan tahun 2020 ini adalah yang ke-7. Data yang ada harus kongkrit, qualified, berkualitas. Kita tidak dapat melangkah jauh tanpa data yang valid, kita tidak dapat melakukan perencanaan yang baik tanpa data yang bagus,” ujarnya.

 

Dikatakan, untuk data yang paling dasar adalah data kependudukan. Itulah esensi dari sensus penduduk 2020 yaitu menyediakan data kependudukan untuk perencanaan pembangunan. Waktu untuk sensus penduduk online dilaksanakan 15 Februari – 31 maret 2020 lewat laman : sensus.bps.go.id, sedangkan sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan 1 – 31 Juli 2020. “Harapan kita adalah lebih banyak yang sensus lewat online,” katanya.

 

Sedangkan Dekan FMIPA UNY  Prof Dr Ariswan MSi DEA menyampaikan terima kasih BPS menjalin kerja sama dengan FMIPA UNY pada sensus penduduk 2020.  Ada 100 mahasiswa dan 20 dosen yang menjadi sahabat sensus. “Jadilah relawan yang memberikan peran nyata pada kerja besar BPS pada sensus penduduk 2020. Peran kecil sebagai relawan adalah sebagai pengalaman dalam kehidupan kita bagi kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya. (*)

 

Sensus Penduduk, BPS DIY Gandeng FMIPA UNY
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *